4 Cara Menahan Lapar yang Jitu Selama Puasa Ramadan

Ilustrasi Cara Menahan Lapar, Sumber Unsplash Mosquegrapher
Ilustrasi Cara Menahan Lapar, Sumber Unsplash Mosquegrapher

Puasa di bulan Ramadan kerap membuat umat muslim merasa lapar meskipun waktu berbuka masih lama. Oleh sebab itu, berbagai cara menahan lapar yang jitu diperlukan agar umat muslim tak merasakannya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menyibukkan diri. Dengan demikian, umat muslim tetap dapat produktif dan tidak mudah merasa lapar.

4 Cara Menahan Lapar saat Puasa

Ilustrasi Cara Menahan Lapar, Sumber Unsplash Kel Avelino
Ilustrasi Cara Menahan Lapar, Sumber Unsplash Kel Avelino

Menurut buku 125 Masalah Puasa, Muhammad Anis Sumaji (2008: 7), puasa adalah aktivitas menahan diri dari perbuatan-perbuatan yang bersifat membatalkannya dengan niat karena Allah SWT.

Salah satu tantangan selama berpuasa adalah merasa lapar. Hal inipun cukup mengganggu apalagi jika waktu berbuka masih lama. Oleh sebab itu, beragam cara menahan lapar yang jitu diperlukan untuk memudahkan umat muslim dalam menjalankan ibadah ini. Inilah di antaranya.

1. Menyibukkan Diri

Dengan menyibukkan diri, umat muslim tetap bisa beraktivitas dan produktif selama bulan puasa. Selain itu, menyibukkan diri juga membuat umat muslim lupa dengan rasa lapar dan waktu juga terasa lebih cepat berlalu.

Namun perlu diperhatikan agar umat muslim tak beraktivitas terlalu berat jika tidak perlu. Hal ini malah membuat umat muslim mudah merasa lapar dan haus.

2. Perbanyak Serat dan Protein

Saat berbuka dan sahur, umat muslim perlu memperbanyak serat dan protein. Hal ini disebabkan kedua zat tersebut bisa membuat tubuh merasa kenyang dalam waktu lama.

Hindari untuk mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat yang membuat kadar gula melonjak dan menurun dengan cepat sehingga energi berkurang dan merasa lapar.

3. Tidur Cukup

Umat muslim perlu tidur dengan waktu yang cukup serta berkualitas selama bulan Ramadan. Hal ini dapat membantu untuk menekan rasa lapar saat berpuasa.

4. Kendalikan Stres

Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah mengendalikan stres. Hal ini disebabkan stres bisa membuat umat muslim ingin makan. Jadi, stress yang terkendali bisa menekan keinginan tersebut.

Baca juga: Jalani Ramadan dengan Semangat Terus Jadi Baik bersama kumparan

Berbagai cara menahan lapar ini bisa langsung diterapkan saat berpuasa. Semoga umat muslim bisa menjalankan ibadah tersebut di bulan Ramadan dengan lancar. (LOV)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url