3 Manfaat Komunikasi dalam Keluarga dan Hambatan Utamanya - juandry blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
3 Manfaat Komunikasi dalam Keluarga dan Hambatan Utamanya
May 18th 2024, 20:10, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Manfaat Komunikasi dalam Keluarga. Sumber: Pexels/RDNE
Ilustrasi Manfaat Komunikasi dalam Keluarga. Sumber: Pexels/RDNE

Keluarga merupakan unit terkecil yang ada di dalam masyarakat. Keluarga memiliki peran untuk memberikan nilai, dan membentuk etika serta kepribadian. Untuk menjaga kedekatan dalam keluarga dibutuhkan komunikasi. Apa saja manfaat komunikasi dalam keluarga?

Terdapat banyak manfaat komunikasi, terutama dalam keluarga. Salah satunya adalah dapat mencegah terjadinya hal-hal negatif seperti konflik.

Manfaat Komunikasi dalam Keluarga yang Wajib Diketahui Orang Tua

Ilustrasi Manfaat Komunikasi dalam Keluarga. Sumber: Pexels/RDNE
Ilustrasi Manfaat Komunikasi dalam Keluarga. Sumber: Pexels/RDNE

Dikutip dari buku Teori Komunikasi, Daryanto (2014), komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan melalui media tertentu untuk menghasilkan efek/tujuan dengan mengharapkan feedback atau umpan balik. Komunikasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam sebuah keluarga.

Keluarga adalah unit terkecil yang ada di dalam masyarakat. Oleh sebab itu, komunikasi sangat dibutuhkan dalam keluarga. Hal itu agar kerukunan dan keharmonisan tetap terjaga.

Keluarga memiliki banyak peran. Misalnya adalah mengajarkan etika, nilai-nilai, norma, hingga membentuk kepribadian seseorang. Dengan komunikasi yang baik, orang tua dapat menanamkan sikap yang baik. Contohnya adalah mengajarkan tentang kejujuran, kebaikan, berani, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, orang tua harus memahami tentang pentingnya komunikasi di dalam keluarga. Lantas sebenarnya apa saja manfaat komunikasi dalam keluarga? Adapun manfaatnya sebagai berikut.

1. Mencegah Hal-Hal Negatif

Salah satu manfaat dari komunikasi di keluarga adalah dapat mencegah terjadinya hal-hal negatif. Dengan komunikasi yang baik antar anggota keluarga, maka informasi, keinginan, perasaan, hingga pendapat dapat disampaikan dengan lebih jelas. Sehingga dapat meminimalisasi terjadi konflik seperti kesalahpahaman. Selain itu, dengan komunikasi yang baik, setiap anggota keluarga dapat memberikan dukungan kepada anggota keluarga lainnya yang sedang mengalami masalah.

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Komunikasi juga ternyata dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Dengan komunikasi yang baik, maka setiap anggota keluarga akan merasa lebih dihargai, dimengerti, dan juga didengarkan. Hal tersebut tentunya dapat membuat anggota keluarga percaya diri dalam menghadapi berbagai situasi atau kesulitan.

3. Melatih Sikap Empati

Komunikasi yang baik dapat melatih sikap empati. Dengan berkomunikasi, setiap anggota keluarga akan saling memahami. Akhirnya akan timbul sikap saling peduli antara satu sama lain, sehingga tercipta keharmonisan dalam keluarga.

Hambatan Komunikasi dalam Keluarga

Ilustrasi Manfaat Komunikasi dalam Keluarga. Sumber: Pexels/RDNE
Ilustrasi Manfaat Komunikasi dalam Keluarga. Sumber: Pexels/RDNE

Komunikasi memang sangat bermanfaat untuk keluarga. Sayangnya, terdapat beberapa hambatan. Apa saja hambatannya?

  • Adanya rasa segan terhadap orang tua

  • Setiap anggota keluarga memiliki kesibukan masing-masing

  • Kurangnya rasa percaya kepada keluarga

Baca juga: Ciri-Ciri Komunikasi yang Sehat di antara Pasangan Suami Istri

Jadi, terdapat banyak sekali manfaat komunikasi dalam keluarga. Dengan komunikasi yang baik, akan tercipta kerukunan dan keharmonisan antara setiap anggota keluarga. (FAR)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url