Polling kumparan: 82,23% Nilai Jersey Baru Timnas Indonesia Mirip Singapura

Kolase jersey timnas Indonesia yang disebut mirip Singapura. Foto: IG/@timnasindonesia dan timnas Singapura
Kolase jersey timnas Indonesia yang disebut mirip Singapura. Foto: IG/@timnasindonesia dan timnas Singapura

Sebanyak 82,23 persen pembaca menilai jersey Timnas Indonesia yang baru mirip dengan jersey Timnas Singapura. Angka ini didapatkan dari hasil polling kumparan yang beredar pada 19 hingga 26 Maret 2024.

Total ada sebanyak 1.587 responden yang berpartisipasi dalam polling ini. Sebanyak 82,23 persen atau 1.305 orang di antaranya menilai jersey Timnas Indonesia mirip dengan Singapura. Sementara, 17,77 persen atau 282 orang menilai jersey Timnas Indonesia yang baru tidak mirip dengan jersey Timnas Singapura.

Sebelumnya, Timnas Indonesia telah meluncurkan jersey baru yang digarap Erspo di Jakarta pada Senin (18/3) petang WIB. Dalam acara tersebut, diperlihatkan 3 jenis jersey. Pertama, adalah jersey kandang dengan dominasi warna merah, dengan warna putih melingkar di bagian leher dan lengan.

Kedua, merupakan jersey tandang dengan dominasi warna putih, dengan warna merah melingkar di bagian leher dan lengan. Ketiga adalah jersey kiper berwarna kuning.

Tampilan jersey kandang tersebut kemudian mendapat kritikan karena mirip dengan jersey Timnas Singapura. Pasalnya, dari segi corak warna dan desain tak begitu jauh berbeda.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, merespons kritikan tersebut. Menurutnya, desain jersey skuad 'Garuda' tak terlalu mirip dengan Singapura.

"Saya rasa kalau dibilang mirip, tidak terlalu mirip sebenarnya," ujar Dito usai menghadiri launching.

"Tapi pasti setiap jersey, benchmark dari desain jersey itu kan tidak banyak. Jadi, sudah lihat juga [inspirasi jersey] dari 1981, harusnya kita duluan," lanjutnya.

Shin Tae-yong saat Konferensi Pers Jelang Laga Timnas Indonesia vs Vietnam di Jakarta dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 20 Maret 2024. Foto: PSSI
Shin Tae-yong saat Konferensi Pers Jelang Laga Timnas Indonesia vs Vietnam di Jakarta dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 20 Maret 2024. Foto: PSSI

Ternyata, Shin Tae-yong pun memiliki keresahan tersendiri soal jersey garapan Erspo itu. Kepala Badan Tim Nasional, Sumardji, menerangkan Shin Tae-yong mengeluh karena jersey latihan Timnas Indonesia tidak menyerap keringat.

"Jadi, Coach Shin protes, artinya ada sedikit tidak nyaman berkaitan dengan soal jersey latihan. Maka tadi dari pihak Erspo ya, sudah langsung merespons," kata Sumardji kepada pewarta di Jakarta, Senin (18/3) malam WIB.

"Besok [Red-Hari ini] akan mengganti dengan jersey sesuai dengan apa yang diinginkan, karena tadi memang kelihatan tidak bisa nyerap keringat, sehingga Coach Shin itu menginginkan ini harus diganti, tapi tadi sudah direspons dengan baik, insyaAllah akan diganti," tambahnya.

Namun, Sumardji menekankan bahwa untuk jersey pertandingan tidak ada masalah. Komplain Shin hanya soal jersey latihan.

"Oh sudah sudah bagus, sudah bagus. Jersey ini [untuk pertandingan] sudah bagus. Latihan saja [yang diprotes]," terang Sumardji.

"Langsung koordinasi akan diganti. Ya pokoknya yang bisa nyerap keringat, ya, paling lambat lusa [diganti]. Karena hari ini baru diinfo, hari ini mau dijahit, dicetak."

"Ya, saya kira namanya juga barang baru, ya, barang baru begitu dipakai enggak nyaman, pastinya kan yang pakai ini [pemain] kan ingin yang nyaman gitu saja," tandasnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url