Bahan Alam yang bisa Menggantikan Warna Merah dan Mudah Ditemui - juandry blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Bahan Alam yang bisa Menggantikan Warna Merah dan Mudah Ditemui
May 4th 2024, 19:19, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi bahan alam apakah yang bisa menggantikan warna merah. Foto: Pexels/Valeriya Kobzar
Ilustrasi bahan alam apakah yang bisa menggantikan warna merah. Foto: Pexels/Valeriya Kobzar

Saat ini, makanan yang menarik bukan hanya dari rasanya, namun juga penampilan yang menawan. Sehingga, pewarna menjadi hal yang banyak digunakan. Inilah yang membuat banyak orang mencari bahan alam apakah yang bisa menggantikan warna merah.

Warna makanan dari bahan alami tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh. Selain itu, warna dari bahan alam sering kali mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh.

Bahan Alam yang bisa Menggantikan Warna Merah

Ilustrasi bahan alam apakah yang bisa menggantikan warna merah. Foto: Pexels/Tim Douglas
Ilustrasi bahan alam apakah yang bisa menggantikan warna merah. Foto: Pexels/Tim Douglas

Dikutip dari buku Aneka Tanaman Sumber Pewarna Alami oleh Farzan Ghazi (2021) bahan alam apakah yang bisa menggantikan warna merah di antaranya:

1. Buah Bit

Buah bit terkenal mampu menghasilkan warna merah yang pekat hasil dari senyawa betalain dan banyak digunakan untuk berbagai makanan.

Cara membuatnya juga terbilang mudah, yakni dengan mendidihkannya bersama air selama 25-30 menit. Untuk menghilangkan bau dan rasa pahit, dapat ditambahkan dengan gula dan masak selama 10-15 menit.

2. Buah Delima

Biji dari buah delima memiliki warna merah namun tidak sepakat buah bit. Selain itu, buah delima terkenal dengan kandungan antioksidan yang tinggi untuk menetralisir radikal bebas.

Di sisi lain, biji dari buah delima sangat manis dan cocok untuk dicampurkan dalam agar-agar atau puding untuk menghasilkan warna merah.

3. Secang

Secang merupakan serutan kayu yang memiliki warna merah alami. Secang sendiri biasa dijual dalam bentuk serutan kasar.

Untuk mendapatkan warna merah, kayu secang perlu direbus dalam air mendidih. Air secang inilah yang sering digunakan sebagai minuman dan makanan, terutama masyarakat Betawi.

4. Angkak

Angkak merupakan hasil fermentasi dari beras merah yang sudah ditambah ragi. Angkak biasa digunakan pada masakan khas Tionghoa. Cara untuk mendapatkan warna merah yakni dengan merebusnya di dalam air mendidih.

Angkak biasa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi demam berdarah. Sebab, dipercaya dapat meningkatkan jumlah trombosit dampak dari kondisi demam berdarah.

Selain itu, angkak juga dapat menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung.

5. Bunga Sepatu

Bunga sepatu juga sering digunakan sebagai bahan pewarna merah alami. Cara mendapatkan warna merah dari bunga sepatu dengan cara direndam dengan air panas hingga dingin. Air rendaman bunga sepatu tersebut akan berubah menjadi kemerahan.

Selain itu, bunga sepatu dapat dikeringkan dan dihaluskan menjadi bubuk yang kemudian bisa digunakan sebagai pewarna alami.

Baca Juga: Bahan Pewarna yang Disarankan untuk Dipakai dalam Produk Makanan dan Minuman

Itulah beberapa bahan alam apakah yang bisa menggantikan warna merah. Jadi, sekarang tak perlu bingung lagi dalam mencari warna merah yang alami dan bisa membahayakan bagi tubuh.(MZM)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url