Oct 3rd 2024, 20:09, by Selfy Momongan, kumparanWOMAN
Kementerian Koperasi dan UKM sukses menggelar acara tahunan Cerita Nusantara 2024 di Istora Senayan, Jakarta, pada 27-29 September 2024 lalu. Pameran Cerita Nusantara merupakan platform yang mempertemukan potensi besar produk UMKM Indonesia dengan pasar global.
Mengusung tema 'Dari Indonesia untuk Dunia', pameran ini bertujuan untuk memperluas akses pasar pelaku UMKM ke rantai pasok internasional, sehingga produk lokal semakin dikenal dan diminati di pasar dunia.
Pameran tersebut diikuti lebih dari 200 pelaku UMKM yang memamerkan produk unggulan seperti wastra, fesyen, kriya, produk kecantikan, herbal, hingga kuliner khas Nusantara. Ribuan pengunjung hadir untuk melihat, berbelanja, mencicipi sajian kuliner, serta menikmati berbagai hiburan live music.
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan melalui Cerita Nusantara ini pemerintah berkomitmen mendukung penuh perkembangan UMKM agar dapat menembus pasar internasional.
"Kami ingin memperkenalkan kekayaan produk lokal kepada dunia dan membuka akses bagi pelaku UMKM untuk bersaing secara global," ujar Teten dalam keterangan resmi yang diterima kumparanWOMAN, Kamis (3/9).
Cerita Nusantara menjadi momentum penting bagi UMKM untuk memperluas jaringan bisnis, membuka akses pasar, serta meningkatkan kualitas produk. Para pelaku usaha yang berpartisipasi mengakui bahwa event ini memberikan dampak positif yang signifikan bagi perkembangan usaha mereka.
Selain itu, mereka berharap acara serupa akan terus diselenggarakan setiap tahun untuk menjaga keberlanjutan dan eksposur produk lokal di pasar global.
"Kegiatan ini membuktikan bahwa potensi produk lokal kita sangat besar dan siap untuk bersaing di pasar internasional. Potensi besar ini belum sepenuhnya terekspos secara global. Itu mengapa Cerita Nusantara hadir untuk menjembatani kekayaan lokal ini dengan pasar dunia," lanjut Teten.
Perjalanan Cerita Nusantara Cerita Nusantara telah berkembang sejak penyelenggaraan pertamanya pada 2021 dengan tema Cerita Wastra, yang kemudian dilanjutkan dengan Cerita Kriya pada 2022, dan tahun ini menjadi edisi kedua Cerita Nusantara.
Dalam perjalanannya, acara ini menjadi medium penting dalam memperkenalkan berbagai sektor unggulan Indonesia seperti fesyen, kriya, kuliner, serta beauty and wellness ke pasar global.
Acara ini juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong pertumbuhan sektor UMKM yang diharapkan dapat menjadi pilar ekonomi Indonesia di kancah internasional. "Kami berkomitmen untuk terus mendukung UMKM agar bisa bersaing di kancah internasional," tambah Teten.
Dengan keberhasilan Cerita Nusantara 2024, terbukti bahwa produk UMKM Indonesia memiliki daya saing yang tinggi dan siap menjelajahi pasar global. Dukungan pemerintah serta berbagai pihak terkait menjadi kunci agar potensi lokal ini semakin dikenal dan diminati dunia.