Sejarah Kharisma Bangsa School dan Kurikulum Lengkap

Halaman ini telah diakses: Views
Ilustrasi Kharisma Bangsa School. Sumber: Pexels/Max Fischer
Ilustrasi Kharisma Bangsa School. Sumber: Pexels/Max Fischer

Terdapat banyak sekolah internasional yang memiliki kurikulum berkualitas. Salah satunya adalah Kharisma Bangsa School.

Orang tua yang penasaran dengan sekolah ini wajib mengetahui sejarah dan juga kurikulum yang ditawarkan. Sehingga nantinya dapat disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan anak.

Sejarah Kharisma Bangsa School

Ilustrasi Kharisma Bangsa School. Sumber: Pexels/Max Fischer
Ilustrasi Kharisma Bangsa School. Sumber: Pexels/Max Fischer

Dikutip dari situs resmi kbh.sch.id, Kharisma Bangsa School didirikan pada tahun 2006 oleh Yayasan Kharisma Bangsa, dengan dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Sekolah yang satu ini diresmikan pada tanggal 3 April 2006. Kharisma Bangsa School memberikan pendidikan berkualitas yang berfokus pada STEM, perisapan kuliah, serta pendidikan karakter untuk murid KG (Kindergarten), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Berlokasi di Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan, sekolah ini memiliki area seluas 1,1 hektar dan menawarkan sistem asrama untuk siswa SMP serta SMA. Sekolah ini menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung proses belajar mengajar. Fasilitas tersebut di antaranya:

  • Ruang kelas berteknologi

  • Laboratorium (Biologi, Kimia, Fisika, dan Komputer)

  • Aula serba guna

  • Lapangan tenis

  • Lapangan futsal

  • Lapangan basket

  • Ruang Musik dan Seni

Untuk memenuhi persyaratan status sekolah menjadi SPK (Satuan Pendidikan Kerja Sama), Yayasan Kharisma Bangsa bermitra dengan Amity College. Kemudian pada tahun 2015, sekolah ini memperoleh status SPK.

Di tahun 2017, sekolah internasional yang satu ini resmi bekerjasama dengan Cambridge Assessment International Education dan mengadopsi sistem pendidikan Cambridge. Sebagai sekolah dengan status SPK, sekolah ini menawarkan pelajaran yang meliputi kurikulum nasional dan kurikulum Cambridge.

Kurikulum Kharisma Bangsa School

Ilustrasi Kharisma Bangsa School. Sumber: Pexels/Max Fischer
Ilustrasi Kharisma Bangsa School. Sumber: Pexels/Max Fischer

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sekolah yang berlokasi di Tangerang Selatan ini menggunakan dua kurikulum, yakni nasional dan Cambridge Assessment International Education (Cambridge International).

Mata pelajaran yang menggunakan kurikulum nasional dengan bahasa Indonesia sebagai pengantarnya adalah pendidikan agama dan karakter, Bahasa Indonesia, serta PPKn. sementara mata pelajaran Bahasa Inggris menggunakan standar internasional CEFR (Common European Framework of Reference).

Di sekolah ini juga siswa akan diajarkan bahasa lain seperti Jepang, Turki, dan bahasa Arab. Selain itu, sekolah juga menawarkan SAT dan TOEFL/IELTS Test yang akan diselenggarakan oleh Departemen Konseling Sekolah. Lebih lanjut, sekolah juga menyediakan reading program untuk meningkatkan minat dan kebiasaan membaca para siswa.

Baca juga: Biaya Sekolah SMA Taruna Nusantara 2024 dan Syarat Pendaftarannya

Itu tadi adalah penjelasan singkat sejarah dan kurikulum Kharisma Bangsa School. Semoga dapat menjadi referensi ketika mencari sekolah untuk anak. (FAR)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url