Di Medan, Hadi Kumpulkan Bawaslu, Jaksa, Polisi Bahas Pilkada: Ini Forum Langka

Halaman ini telah diakses: Views
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Senin (1/7/2024). Foto: Luthfi Humam/kumparan
Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Senin (1/7/2024). Foto: Luthfi Humam/kumparan

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto menghadiri kegiatan Forum Kolaborasi Sentra Gakkumdu di Adimulia Hotel, Kota Medan, pada Selasa (9/7).

Dalam kegiatan ini, ada 3 lembaga yang akan berdiskusi terkait persiapan Pilkada 2024. Yakni Kejaksaan, Bawaslu, dan Kepolisian.

"Saya meyakini bahwa forum seperti ini sangat diperlukan untuk menyamakan pola pikir di 3 unsur. Bawaslu, Kejaksaan, dan Kepolisian. Kalau 3 ini bersatu, 3 ini bersatu negara ini menjadi negara gemah ripah loh jinawi, totok tentrem raharjo," kata Hadi.

"Tadi saya dibisiki oleh Sespri saya. Pak, membuka saja atau langsung pulang? Saya bilang ikut hadir sampai selesai. Karena apa? Forum seperti ini langka," sambungnya.

Hadi pun sempat berkelakar di sambutannya itu. Menurutnya, ia harus ikut karena jarang bertemu dengan jaksa-jaksa dari Kejaksaan RI.

"Apalagi saya bisa bertemu Pak Jaksa, kalau Pak Polisi dulu saya Panglima TNI, (kami) kolaborasi. Tapi ketemu dengan Pak Jaksa ini saya susah. Hanya ketemu tiap hari Pak Sugeng (PJ Bupati Tapanuli Tengah) terus, jaksa-jaksa yang lain enggak pernah ketemu," kata dia.

Dalam kegiatan ini, Hadi juga memaparkan sejumlah wilayah yang rawan terjadi konflik saat Pilkada. Misalnya, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, dan Kepri.

Dalam kegiatan ini, turut hadir Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Nana Muliana, Ketua DPRD Sumut Sutarto, Kapolda Sumut Komjen Agung Setya Imam, Kajati Sumut Idianto, Ketua Bawaslu Sumut Aswin Diapari, hingga Ketua KPU Sumut Agus Arifin.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url