Pengertian Jaringan LAN untuk Komunikasi Antarkomputer dalam Satu Gedung

Halaman ini telah diakses: Views
Ilustrasi untuk jenis jaringan yang digunakan untuk melakukan komunikasi antarkomputer dalam satu gedung disebut. Sumber: pexels.com/Tima Miroshnichenko
Ilustrasi untuk jenis jaringan yang digunakan untuk melakukan komunikasi antarkomputer dalam satu gedung disebut. Sumber: pexels.com/Tima Miroshnichenko

Jenis jaringan yang digunakan untuk melakukan komunikasi antarkomputer dalam satu gedung disebut jaringan LAN. Jaringan ini digunakan dalam satu gedung perkantoran, sekolah, dan lain sebagainya.

Setiap komputer dalam jaringan ini dapat memgakses data dari komputer lain. Selain mengakses data, komputer yang terkoneksi LAN juga dapat menjalankan hardware komputer lain, seperti printer, chatting, dan bermain game bersama.

Jenis Jaringan yang Digunakan untuk Melakukan Komunikasi Antarkomputer dalam Satu Gedung Disebut Jaringan LAN

Ilustrasi untuk jenis jaringan yang digunakan untuk melakukan komunikasi antarkomputer dalam satu gedung disebut. Sumber: pexels.com/Fauxels
Ilustrasi untuk jenis jaringan yang digunakan untuk melakukan komunikasi antarkomputer dalam satu gedung disebut. Sumber: pexels.com/Fauxels

Komunikasi antarkomputer dalam satu gedung seperti kantor perusahaan sangat penting untuk terhubung satu sama lain. Jenis jaringan yang digunakan untuk melakukan komunikasi antarkomputer dalam satu gedung disebut jaringan LAN.

Menurut buku Jaringan Komputer, Edy Victor Haryanto (2012: 13), LAN adalah singkatan dari Local Area Network. LAN terdiri dari beberapa komputer dalam satu jaringan. Komputer yang terhubung dalam jaringan LAN terkoneksi melalui ethernet.

Selain itu, dapat juga menggunakan teknologi wireless. Jaringan LAN dengan teknologi wireless yang berkecepatan antara 10-10000 Mbps. Jaringan LAN ini disebut wireless LAN. Jaringan LAN memiliki karakteristik dan keuntungan sebagai berikut.

1. Karakteristik LAN

  1. Ruang lingkup terbatas (sampai 10 km).

  2. Berlokasi pada satu gedung atau satu departemen suatu perusahaan/instansi.

  3. Kecepatan pengiriman data relatif tinggi, bergantung pada jenis komponen yang digunakan.

  4. Kepemilikan dan pengoperasian oleh perusahaan atau instansi yang bersangkutan.

  5. Penggunaannya tidak memakai fasilitas perusahaan telekomunikasi umum.

  6. Terdiri atas bermacam-macam komputer dan periferal pendukung.

  7. Dikendalikan oleh komputer pusat yang disebut server.

2. Keuntungan LAN

  1. Pertukaran file dapat dilakukan dengan mudah (file sharing).

  2. Dimungkinkan terjadi printer sharing atau pemakaian printer oleh semua client.

  3. File-file data dapat disimpan pada server sehingga data dapat diakses dari semua client menurut otorisasi sekuritas dari semua karyawan perusahaan yang bersangkutan. Dapat dibuat berdasarkan struktur organisasi perusahaan sehingga keamanan data terjamin.

  4. Keluar/masuknya file data dari/ke server dapat dikontrol.

  5. Proses backup data menjadi lebih mudah dan cepat.

  6. Memperkecil resiko kehilangan data karena virus komputer.

  7. Jika salah satu client/server terhubung dengan modem maka semua atau sebagian komputer pada jaringan LAN dapat mengakses ke jaringan internet atau mengirimkan fak melalui 1 modem.

Baca juga: Pengertian dan Klasifikasi Jaringan Komputer dalam Bidang Teknologi

Jenis jaringan yang digunakan untuk melakukan komunikasi antarkomputer dalam satu gedung disebut jaringan LAN. Jaringan ini memiliki banyak manfaat dalam mempermudah kinerja suatu perusahaan. (IND)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url