Atasi Rusuh Papua, Polisi Terjunkan 1 Peleton Pasukan

Juandry9
Pipes Output
Atasi Rusuh Papua, Polisi Terjunkan 1 Peleton Pasukan
Jul 31st 2011, 13:29

TEMPO Interaktif, Jayapura - Kepolisian Puncak Jaya akan menurunkan 1 peleton polisi untuk mengamankan rusuh di Kabupaten Puncak, Papua, yang menewaskan 17 warga sipil, Ahad, 31 Juli 2011, pagi.

"Ya besok kita akan turunkan 1 peleton dari Timika untuk mengatasi rusuh di sana, kita tidak ingin bentrok itu meluas," kata Kapolres Puncak Jaya AKBP Alex Korwa, Ahad malam.

Dari informasi yang berhasil dihimpun Tempo, bentrok diduga dipicu ketidakpuasan warga pendukung Elvis Tabuni, Ketua DPRD Kabupaten Puncak, dan pendukung Simon Alom, mantan caretaker Bupati Kabupaten Puncak yang akan mengikuti Pemilukada di wilayah itu.

Bentrok antar warga di Ilaga ini mulai terjadi pada pukul 06.00 WIT. Bentrok diawali dengan pembakaran rumah milik Elvis Tabuni, satu mobil dinas milik DPRD Kabupaten Puncak, dan sebuah honai atau rumah adat warga setempat. "Lalu pada pukul 07.00 WIT, dilanjutkan dengan bentrok fisik dari kelompok Simon dengan kelompok Tomas dengan lokasi dari depan Kantor DPRD Puncak hingga rumah Elvis Tabuni," katanya.

Kabupaten Puncak merupakan kabupaten hasil pemekaran. Kabupaten ini dibentuk pada 4 Januari 2008 berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2008, bersama-sama dengan pembentukan 5 kabupaten lainnya di Papua.

Pemilukada di Kabupaten Puncak direncanakan digelar 9 November 2011 mendatang. Ketua KPUD setempat, Nas Labene mengatakan untuk melaksanakan tahapan pemilukada pihaknya sudah membentuk PPD dan PPS yang dilantik 18 Mei lalu.

JERRY OMONA

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url