Pemilik UMKM Kuliner, Catat Ini Tips Bikin Konten Menarik ala Putri Habibie - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pemilik UMKM Kuliner, Catat Ini Tips Bikin Konten Menarik ala Putri Habibie
Nov 1st 2025, 15:00 by kumparanFOOD

Final pitching program UMK makanan bayi dan anak bertajuk 'Future Food: Nourishing Little Ones' di Jakarta (2/10/2025). Foto: Azalia Amadea/kumparan
Final pitching program UMK makanan bayi dan anak bertajuk 'Future Food: Nourishing Little Ones' di Jakarta (2/10/2025). Foto: Azalia Amadea/kumparan

Membangun UMKM kuliner di zaman serba cepat ini memang menjadi tantangan tersendiri bagi para pelakunya. Terutama dalam memasarkan dagangan di tengah persaingan yang ketat. Meski begitu, platform untuk berjualan makanan dan minuman kini juga semakin banyak, semisal dengan melakukan promosi di media sosial.

Untuk melakukan promosi di media sosial biasanya para pemilik UMKM harus menuangkan kreativitas mereka dalam sebuah konten menarik. Namun, kamu enggak perlu bingung, karena Putri Habibie, salah satu content creator di bidang kuliner akan membagikan tipsnya.

Putri yang ditemui dalam sebuah acara beberapa waktu lalu (2/10) mengatakan, "Story itu sama seperti produk. Jadi, we want to sell, bukan hanya jual produk yang bagus, tapi juga jual story yang tulus. Sehingga penerimaan market bisa lebih mudah."

Lebih lanjut, perempuan yang hobi membuat konten resep masakan itu menjelaskan bahwa sekarang ini, sebagai pemilik bisnis kuliner ada baiknya buatlah konten se-original mungkin. Dengan begitu, branding konten usaha kamu pun dapat terbangun dengan kuat.

Ilustrasi perempuan memasak. Foto: Party people studio/Shutterstock
Ilustrasi perempuan memasak. Foto: Party people studio/Shutterstock

"Yang kalau dulu harus kayak wah-wah, sekarang sesimpel 'saya bikin usaha ini awalnya berdua sama istri saya di rumah', itu, tuh menjadi story yang lebih seksi dibanding sesuatu yang mewah gitu," tambahnya.

Menurut Putri, market sekarang juga senang dengan personal branding yang kerap muncul pada sebuah konten berbasis usaha. Sehingga menurutnya, membentuk dan memunculkan personal branding dapat menjadi kunci dari membuat konten yang lebih menarik.

"Sebenarnya tim kita saat ini juga bisa menjadi konten. Zaman dulu tim itu membantu kita bikin konten, sekarang tim saya, saya kontenin. Dan itu menjadi faktor yang diperlukan sangat besar untuk para viewers saya," terangnya.

"Saranku adalah gunakan diri kita sendiri itu sebagai talent, instead of hiring new talent. Anyway, buat orang-orang UMKM, viewers atau market itu senang sekali kalau bisa mengenal the faces behind your brand," ucapnya.

Personal Branding Menarik Fanbase Baru yang Bisa Diturunkan sebagai Ide Produk Baru

Putri Habibie dalam SelebrasiRASA Gorontalo. Foto: Nueve TOP
Putri Habibie dalam SelebrasiRASA Gorontalo. Foto: Nueve TOP

Menariknya lagi, kehadiran personal branding yang kuat, dikatakan Putri, bisa menjadi ide baru dalam menurunkan sebuah produk.

"Misalnya, yang masak produk saya itu namanya Pak Tarno. Nah, Pak Tarno sering-seringlah kamu angkat ceritanya. Dari Pak Tarno jadi memiliki fanbase atau orang-orang yang menyukai Pak Tarno. One day mau bikin sambal Pak Tarno, itu sudah bisa menjadi produk lain sendiri," jelas Putri.

Putri sendiri mengaku dalam membuat konten dia senang memperkenalkan siapa saja di balik timnya. Terlebih menurut Putri, pemilik UMKM masih sangat bebas memunculkan "tokoh di balik dapur" mereka, ketimbang perusahaan besar.

"Jadi gunakan itu untuk your own advantages juga," pungkasnya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url