Para kreator, perwakilan brand, dan perwakilan TikTok berbagi pengalaman bagaimana TikTok mendukung komunitas dan industri kecantikan di Indonesia. Foto: TikTok Indonesia
Platform media sosial TikTok Indonesia akan menggelar TikTok Beauty Fest, sebuah festival kecantikan yang merayakan keragaman kecantikan Indonesia, melalui kreativitas, komunitas, dan commerce. Tak bisa dipungkiri, industri kecantikan tengah naik daun dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu pemantiknya adalah kehadiran beauty konten kreator di TikTok.
"Tujuan kami menyelenggarakan TikTok Beauty Fest tak lain adalah untuk merayakan kecantikan perempuan-perempuan Indonesia dengan cara gimana? Kita undang semuanya ketemuan in real life. Yang selama ini bisanya cuma saling komen-komenan, nah bisa ketemu di TikTok Beauty Fest," ujar Sitaresti Astarini, Head of Business Marketing, TikTok Indonesia di konferensi pers TikTok Beauty Fest, Selasa (27/5).
Sitaresti mengatakan TikTok Beauty Fest perdana di Indonesia ini akan hadir dalam format online dan offline. Untuk aktivasi online, acara bakal berlangsung pada 26 Mei hingga 30 Juni 2025 melalui aplikasi TikTok yang bakal menghadirkan laman khusus, hashtag challenge, dan livestream interaktif.
Selama kampanye online ini berlangsung, komunitas pecinta kecantikan dapat ikut berpartisipasi melalui interaksi dengan para kreator, mendapat ragam inspirasi produk dan tren kecantikan, hingga mendapatkan berbagai penawaran spesial dari para brand yang turut berpartisipasi melalui TikTok Shop by Tokopedia.
Sementara itu, acara offline akan diselenggarakan pada 13–15 Juni 2025 di PIM City Hall, Pondok Indah Mall 3, Jakarta. Acara ini menghadirkan pengalaman kecantikan imersif yang menghubungkan kreator, brand, dan komunitas lewat workshop, tutorial makeup, serta partisipasi dari jajaran kreator ternama TikTok seperti Tiara Andini, Irish Bella, Jharna Bhagwani, Alice Norin, dan lebih dari 100 kreator TikTok lainnya.
Pengunjung juga dapat menikmati booth interaktif dari lebih 30 brand lokal dan internasional, serta berkesempatan untuk mendaftar sebagai host TikTok LIVE maupun host live shopping langsung di lokasi acara. TikTok Beauty Fest turut mendorong penjualan lewat TikTok Shop by Tokopedia dan memperkuat interaksi autentik antara kreator, brand, affiliate, dan komunitas.
Dapat dukungan penuh dari brand kecantikan lokal andalan
Kreator Kecantikan TikTok dan Professional Makeup Artist, Sissy Sidiyanti (@sidiyanti), mengadakan sesi beauty workshop menggunakan produk brand kecantikan lokal, Wardah. Foto: TikTok Indonesia
Gelaran TikTok Beauty Fest ini tidak lepas dari dukungan brand kecantikan lokal yaitu Wardah. Dengan pendekatan berbasis konten dan komunitas di TikTok, Wardah memanfaatkan TikTok Beauty Fest untuk terhubung lebih dekat dengan konsumen, memperkuat kehadiran brand, serta mendorong penjualan secara online maupun offline.
"Sebagai brand kecantikan nomor 1 di Indonesia, kami memahami bahwa kecantikan perempuan Indonesia sangat beragam. TikTok tidak hanya membantu kami menjangkau audiens secara lebih personal lewat kreator dan konten yang relevan, tetapi juga membangun hubungan yang berdampak langsung terhadap brand awareness dan keputusan pembelian," ujar Shabrina Salsabila, Head of Decorative, Wardah.
Menurutnya partisipasi Wardah di TikTok Beauty Fest menjadi bukti nyata bahwa ekosistem kreatif TikTok berkontribusi langsung terhadap pertumbuhan dan relevansi perseroan di tengah dinamika industri kecantikan.
Tak hanya itu, melalui TikTok Beauty Fest, Wardah juga akan menghadirkan dua produk terbarunya yang baru saja diluncurkan yaitu Wardah Glossicle Lip Balm dan Wardah PDRN Serum.
Hadirkan para kreator yang sukses bersama TikTok
TikTok Beauty Fest bakal diselenggarakan offline dan online. Foto: TikTok Indonesia
TikTok Beauty Fest juga akan turut menghadirkan para kreator dan kreator affiliate. Sebab tumbuhnya ekosistem kecantikan di TikTok juga membuka jalan bagi para kreator ini untuk membangun karier yang berkelanjutan dan berdampak. Lewat konten autentik dan kolaborasi strategis dengan brand, mereka tidak hanya membentuk tren, tetapi juga menciptakan nilai ekonomi nyata.
Salah satunya adalah Sissy Sidiyanti (@sidiyanti), seorang kreator kecantikan dan makeup artis profesional yang berhasil mendapatkan 70% klien dan 90% brand endorsement melalui TikTok.
"Kisah seperti ini menunjukkan bagaimana TikTok menjadi platform yang memberdayakan, mendorong pertumbuhan profesional, serta memperkuat koneksi antara kreativitas, komunitas, dan komersial dalam industri kecantikan," ujar Sitaresti.
Buat kamu yang tertarik, TikTok Beauty Fest secara offline pada 13–15 Juni 2025 di PIM City Hall, Pondok Indah Mall 3, Jakarta, terbuka untuk umum dan dapat dikunjungi secara gratis, Ladies.