Penyebab Perang Saudara yang Terjadi di Banten menurut Catatan Sejarah - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Penyebab Perang Saudara yang Terjadi di Banten menurut Catatan Sejarah
Oct 2nd 2024, 19:37, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi perang saudara yang terjadi di banten disebabkan oleh - Sumber: unsplash.com/@ginevraustine
Ilustrasi perang saudara yang terjadi di banten disebabkan oleh - Sumber: unsplash.com/@ginevraustine

Perang saudara yang terjadi di Banten disebabkan oleh apa? Menurut catatan sejarah, Banten pernah mengalami perpecahan yang mengakibatkan terjadinya perang.

Perang saudara yang terjadi di Kesultanan Banten pada abad ke-17 merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah Banten. Konflik ini disebabkan oleh perselisihan internal antara Sultan Ageng Tirtayasa dan putranya, Sultan Haji.

Perang Saudara yang Terjadi di Banten Disebabkan oleh Perselisihan Internal

Ilustrasi Perang saudara yang terjadi di Banten disebabkan oleh - Sumber: unsplash.com/@mfrazi
Ilustrasi Perang saudara yang terjadi di Banten disebabkan oleh - Sumber: unsplash.com/@mfrazi

Sultan Ageng Tirtayasa, yang memerintah Banten dari tahun 1651 hingga 1682, dikenal sebagai penguasa yang tegas dalam menentang dominasi Belanda (VOC) di wilayah Banten dan sekitarnya.

Berdasarkan buku Serang dalam Lintasan Sejarah, Kurniasih, Nur Rahmawati, (2023), di bawah kepemimpinannya, Banten berkembang pesat sebagai pusat perdagangan rempah-rempah yang makmur. Sultan Ageng Tirtayasa juga berusaha keras menjaga kemerdekaan politik serta ekonomi Banten dari cengkeraman VOC.

Ketegangan mulai muncul ketika Sultan Ageng Tirtayasa menyerahkan sebagian kekuasaan kepada putranya, Sultan Haji, sebagai bentuk persiapan pewarisan tahta. Sultan Haji, yang lebih pragmatis dalam pandangan politiknya, cenderung mendukung hubungan yang lebih baik dengan Belanda.

Hal ini tentunya sangat bertentangan dengan sikap ayahnya yang keras menolak kehadiran VOC. Inilah yang akhirnya menjadi latar belakang munculnya konflik internal di antara mereka.

Singkatnya, perang saudara yang terjadi di Banten disebabkan oleh perselisihan antara Sultan Ageng Tirtayasa dan Sultan Haji. Perselisihan inilah yang pada akhirnya berujung pada keterlibatan Belanda (VOC) dan perubahan besar dalam pemerintahan Banten.

Perselisihan semakin memuncak ketika Sultan Haji memutuskan untuk mengambil langkah yang lebih kooperatif terhadap Belanda. Ia melihat bahwa bekerja sama dengan VOC dapat membawa stabilitas ekonomi dan politik bagi Banten.

Sebaliknya, Sultan Ageng Tirtayasa menganggap bahwa bekerja sama dengan VOC akan membahayakan kedaulatan Banten dan menjerumuskannya ke dalam pengaruh kolonial yang merugikan.

Pada tahun 1680, perang saudara pun pecah antara kedua belah pihak. Sultan Ageng Tirtayasa yang memiliki dukungan dari sebagian bangsawan dan rakyat melawan putranya, Sultan Haji, yang didukung oleh VOC. Konflik ini melibatkan pertempuran sengit di berbagai wilayah Banten.

Peran VOC dan Akhir Konflik di Banten

Ilustrasi perang saudara yang terjadi di banten disebabkan oleh - SUmber: Unsplash.com/kathymack
Ilustrasi perang saudara yang terjadi di banten disebabkan oleh - SUmber: Unsplash.com/kathymack

VOC, yang melihat kesempatan untuk memperkuat cengkeraman mereka di Banten, secara aktif membantu Sultan Haji dengan memberikan dukungan militer. Dengan bantuan Belanda, Sultan Haji berhasil mengalahkan pasukan Sultan Ageng Tirtayasa pada tahun 1682.

Sultan Ageng Tirtayasa malah ditangkap dan dipenjarakan, sementara Sultan Haji naik tahta sebagai penguasa Banten. Perang saudara ini kemudian membawa dampak besar bagi Kesultanan Banten.

Meskipun Sultan Haji berhasil berkuasa, pengaruh Belanda di Banten semakin kuat. Peristiwa ini menjadi titik awal dari dominasi VOC di wilayah tersebut, yang pada akhirnya mengikis kedaulatan Kesultanan Banten.

Baca Juga: Alasan Khusus Kerajaan Demak Menguasai Banten menurut Sejarah

Menurut catatan sejarah, perang saudara yang terjadi di Banten disebabkan oleh konflik antara Sultan Ageng Tirtayasa dan Sultan Haji. Konflik yang kemudian ditunggangi oleh VOC untuk mendapatkan keuntungan dari Kesultanan Banten. (DNR)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url