Dampak Langkah-Langkah Algoritma yang Tidak Benar - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Dampak Langkah-Langkah Algoritma yang Tidak Benar
Oct 2nd 2024, 21:09, by Berita Terkini, Berita Terkini

Langkah-langkah Algoritma yang Tidak Benar dapat Berdampak pada Hasil. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Luca Bravo
Langkah-langkah Algoritma yang Tidak Benar dapat Berdampak pada Hasil. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Luca Bravo

Era digital telah memberikan banyak pengaruh pada kehidupan manusia, salah satunya adalah penggunaan algoritma untuk berbagai kebutuhan. Satu hal yang menarik untuk dibahas adalah langkah-langkah algoritma yang tidak benar dapat berdampak pada hasilnya.

Hal tersebut yang harus diperhatikan dengan baik oleh pengembang. Dengan memperhatikan setiap tahapan algoritma maka bisa mengurangi kesalahan yang terjadi.

Langkah-langkah Algoritma yang Tidak Benar dapat Berdampak pada Hasil, Ini Penjelasannya

Langkah-langkah Algoritma yang Tidak Benar dapat Berdampak pada Hasil. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Ilya Pavlov
Langkah-langkah Algoritma yang Tidak Benar dapat Berdampak pada Hasil. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Ilya Pavlov

Dikutip dari buku Algoritma dan Pemrograman karya Mulyadi Rusli dan Ezrifal Sany, (2023) definisi dari algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis.

Menurut KBBI pengertian dari algoritma adalah urutan logis pengambilan keputusan untuk pemecahan masalah. Jadi berdasarkan dua pengertian tersebut algoritma adalah istilah yang luas, tetapi mencakup proses pengambilan keputusan.

Dalam konteks komputasi, algoritma menjadi dasar dari setiap program komputer dan sistem perangkat lunak. Algoritma yang baik harus memenuhi beberapa kriteria seperti ketepatan, efisiensi, kejelasan dan jugan generalitas.

Untuk memperdalam pengetahuan mengenai algoritma ada banyak contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya adalah algoritma dalam mencari bilangan terbesar di antara banyak bilangan.

Langkah-langkah algoritma diawali dengan menentukan masalah yang ingin diselesaikan. Dilanjutkan dengan melakukan perencanaan algoritma, kemudian menulis algoritma, menguji algoritma dan terakhir memperbaiki kesalahan.

Proses tersebut harus dilakukan dengan baik dan terperinci. Karena langkah-langkah algoritma yang tidak benar dapat berdampak pada hasil keputusan yang dilakukan dengan menggunakan algoritma.

Algoritma yang tidak benar dapat menghasilkan output yang salah atau tidak akurat. Dalam konteks pengambilan keputusan otomatis, hal ini dapat menyebabkan keputusan yang tidak tepat atau bahkan merugikan.

Sebagai contoh dalam sistem rekomendasi e-commerce, algoritma yang salah dapat menyebabkan rekomendasi produk yang tidak relevan, menurunkan pengalaman pengguna dan potensi penjualan.

Contoh lainnya pada sistem navigasi, kesalahan algoritma dapat menyebabkan rute yang tidak efisien atau bahkan berbahaya.

Selain berdampak pada hasil, langkah yang salah juga bisa menyebabkan terjadinya pemborosan sumber daya yang digunakan untuk menyelesaikan masalah. Tentunya hal ini akan membuat peningkatan biaya operasional dan juga penurunan kinerja dari sistem.

Baca juga: Langkah Awal Setelah Membentuk Algoritma Selesai Dilakukan

Jadi kesimpulannya langkah-langkah algoritma yang tidak benar dapat berdampak pada hasil atau output dari algoritma tersebut. (WWN)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url