5 Kuliner Khas Pontianak yang Wajib Kamu Coba, Ada Bingke hingga Sotong Pangkong - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
5 Kuliner Khas Pontianak yang Wajib Kamu Coba, Ada Bingke hingga Sotong Pangkong
Oct 4th 2024, 11:08, by Dina Mariana, Hi Pontianak

Pengkang, kuliner khas Kalimantan Barat. Foto: Instagram/@PondokPengkang
Pengkang, kuliner khas Kalimantan Barat. Foto: Instagram/@PondokPengkang

Hi!Pontianak - Pontianak memiliki ragam budaya dan tradisi. Dengan keberagaman yang dimiliki, Kota dengan julukan Kota Khatulistiwa itu memiliki ragam kuliner yang wajib untuk dicoba.

Ada banyak sekali rekomendasi kuliner khas Pontianak yang wajib kamu coba , dari yang tradisional hingga modern.

Berikut 5 kuliner khas Pontianak yang wajib kamu coba saat mengunjungi kota ini.

1. Kue Bingke

Kue bingke. Foto: Dok. Hi!Pontianak
Kue bingke. Foto: Dok. Hi!Pontianak

Memiliki rasa manis dengan tekstur yang lembut, kue bingke menjadi primadona sebagai oleh-oleh bagi para pelancong di Kota Pontianak. Kue bingke memiliki bentuk yang sangat khas seperti bunga kembang sepatu yang membuatnya menjadi sebuah ikon di kota Khatulistiwa.

2. Sotong Pangkong

Sotong pangkong. Foto: Dok. Hi!Pontianak
Sotong pangkong. Foto: Dok. Hi!Pontianak

Sotong pangkong akan sangat banyak kamu temui menjelang bulan Ramadhan. Dibuat dari sotong kering yang di pangkong (di pukul/tumbuk) hingga menjadi sangat tipis. Biasanya hidangan ini disajikan bersama sambal terasi atau asam manis. Kamu akan banyak menemukan tenant sotong pangkong di sepanjang jalan Kota Pontianak saat bulan Ramadhan tiba.

3. Pengkang

Kue pengkang adalah sejenis ketan bakar yang dibungkus daun pisang. Kue pengkang memiliki cara penyajian yang unik, yaitu dijepitkan dengan 2 bilah bambu. Sajian ini memiliki aroma yang smokey dan biasanya berisi ebi. Kue pengkang akan sangat nimat bila disandingkan dengan sate ataupun sambal kepah.

4. Kue Kantong Semar

Masih dalam olahan ketan, kali ini kita ada kue kantong semar. Kue kantong semar berbahan dasar beras pulut dan biasanya diisi dengan kacang merah yang kemudian dikukus. Bukan hanya sekedar nama, namun hidangan ini memang disajikan didalam bungkusan tanaman kantong semar. Hal inilah yang akhirnya menjadi ciri khas tersendiri bagi kuliner yang satu ini.

5. Lempok Durian

Yang terakhir adalah hidangan bagi kamu para pencinta durian. Lempok durian adalah sejenis dodol yang diolah dengan berbahan dasar durian. Lempok durian memiliki aroma dan rasa durian yang kuat. Biasanya, hidangan ini banyak disajikan saat Idul Fitri.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url