Deretan Brand Fashion Lokal yang Terapkan Prinsip Keberlanjutan - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Deretan Brand Fashion Lokal yang Terapkan Prinsip Keberlanjutan
Sep 22nd 2024, 17:20, by Selfy Momongan, kumparanWOMAN

Ilustrasi sustainable fashion. Foto: Black Salmon/Shutterstock
Ilustrasi sustainable fashion. Foto: Black Salmon/Shutterstock

Kehadiran brand fashion lokal yang terapkan prinsip keberlanjutan menjadi angin segar di industri ini. Sebab, merek-merek ini tidak hanya menawarkan produk berkualitas dengan desain yang menarik, tetapi juga memberikan solusi di tengah isu dampak buruk yang dihasilkan fast fashion.

Dengan menggunakan bahan-bahan alami, proses produksi yang ramah lingkungan, serta memperhatikan aspek sosial, merek-merek ini membuktikan bahwa mode dan keberlanjutan dapat berjalan beriringan. Selain itu, dengan memilih produk dari brand lokal yang berkelanjutan, konsumen juga ikut berkontribusi dalam mendukung ekonomi lokal dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Brand Fashion Lokal yang Terapkan Prinsip Keberlanjutan

Ilustrasi sustainable fashion. Foto: Shutterstock
Ilustrasi sustainable fashion. Foto: Shutterstock

Brand fashion lokal yang terapkan prinsip keberlanjutan juga menghadirkan inovasi produk yang unik dan menarik. Gayanya pun tetap stylish sehingga bisa kamu kenakan di berbagai acara. Berikut daftar jenama fesyen lokal yang terapkan sustainability.

Sejauh Mata Memandang

Koleksi Tarum dari Sejauh Mata Memandang di JFW 2024. Foto: Sejauh Mata Memandang
Koleksi Tarum dari Sejauh Mata Memandang di JFW 2024. Foto: Sejauh Mata Memandang

Jenama lokal Sejauh Mata Memandang identik dengan kain bermotif perpaduan warisan budaya dengan modernitas kasual. Mengusung konsep slow fashion, brand lokal yang berdiri sejak 2014 ini berkomitmen menghasilkan produk fesyen yang eco-friendly.

Studio Sejauh. Foto: Dok. Sejauh Mata Memandang
Studio Sejauh. Foto: Dok. Sejauh Mata Memandang

Dalam proses produksinya, Sejauh Mata Memandang menggunakan bahan dan proses produksi yang ramah lingkungan. Tujuannya untuk mengurangi limbah tekstil saat proses produksi berlangsung.

Baca Juga: Sejauh Mata Memandang Rilis Koleksi Baru & Umumkan Komitmen Restorasi Hutan

Semilir Ecoprint

Ladies, kamu menyukai produk fashion dengan warna-warna earth tone? Nah, koleksi dari Semilir Ecoprint bisa jadi pilihan kamu. Brand fesyen lokal satu ini menggunakan teknik eco printing, serta menampilkan motif-motif alami dengan sentuhan warna earthy-pastel.

Awalnya, jenama fesyen lokal asli Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini hanya memproduksi tas wanita. Namun, seiring berjalan waktu dan permintaan pasar yang tinggi, Semilir Ecoprint mulai memproduksi pakaian, dompet, aksesori, hingga dekorasi rumah dengan ciri khas motif dedaunan alami.

Kembang Tjelup

Brand fashion lokal asal Yogyakarta, Kembang Tjelup juga tak ketinggalan turut mengusung konsep ramah lingkungan. Brand yang sudah berdiri sejak 2014 ini mengkombinasikan teknik batik dengan teknik Shibori, yaitu teknik pewarnaan yang diadaptasi dari Jepang.

Berkomitmen untuk menghadirkan fashion yang ramah lingkungan, Kembang Tjelup menggunakan bahan-bahan organik seperti material dari serat alami dan pewarna alami agar tidak mencemari lingkungan. Untuk mendapatkan warna biru misalnya, brand ini menggunakan indigofera. Sementara untuk warna coklat dihasilkan dari kulit kayu mahoni dan warna kekuningan didapat dari kulit jalawe atau sabut kelapa.

SARE/Studio

SARE/Studio juga mengusung konsep ethical fashion dalam memproduksi koleksi pakaian rumahan yang super nyaman. Kenyamanan tersebut tercipta karena SARE/Studio menggunakan serat alami yang lebih ramah lingkungan karena bisa terurai atau didaur ulang.

Berdiri sejak 2015, SARE/Studio memiliki beragam koleksi pakaian rumahan mulai dari piyama atau baju tidur, dress santai, hingga pakaian anak-anak. Selain itu, brand ini juga memiliki koleksi pakaian perempuan berbahan organik.

Baca Juga: Mengenal Sustainable Lifestyle, Tren Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Pijakbumi

Bahan-bahan alami ternyata tidak hanya cocok diterapkan pada pakaian saja, Ladies. Produk sepatu dari Pijakbumi ini juga diproduksi dengan mengusung konsep ramah lingkungan. Berkomitmen untuk membuat sepatu yang nyaman tanpa merusak lingkungan sekitar, Pijakbumi menggunakan bahan daur ulang dan berkelanjutan.

Salah satunya yaitu koleksi Pijakbumi yang menggunakan bahan dasar serat pohon kayu putih untuk bagian pinggir sepatu. Ada juga sandal klasik yang terbuat dari daur ulang katun dan sabut kelapa.

SukkhaCitta

Brand yang tak lagi asing dengan konsep berkelanjutan adalah SukkhaCitta. Melalui konsep Farm-to-Closet, brand fashion bersertifikasi B Corp ini memanfaatkan hasil alam untuk menciptakan pakaian nan indah serta tahan lama.

Selain itu pada proses produksinya, SukkhaCitta juga berusaha untuk tidak mencemari lingkungan. Selain itu, SukkhaCitta juga berkomitmen dalam mengurangi jejak karbon. Mereka berani memangkas 25 metrik ton emisi gas rumah kaca.

Salah satu caranya dengan mengambil bahan produksi dari sumber yang terdekat. Jika kebanyakan produsen pakaian di Indonesia memakai kapas hasil impor, SukkhaCitta menggandeng petani kapas di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk menghasilkan kapas asli Indonesia.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url