Alat Pemuas Kebutuhan Berdasarkan Kelangkaan - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Alat Pemuas Kebutuhan Berdasarkan Kelangkaan
Sep 22nd 2024, 17:29, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Sebutkan Dan Jelaskan Alat Pemuas Kebutuhan Berdasarkan Kelangkaan, Foto: Unsplash/Nikada.
Ilustrasi Sebutkan Dan Jelaskan Alat Pemuas Kebutuhan Berdasarkan Kelangkaan, Foto: Unsplash/Nikada.

Alat pemuas kebutuhan manusia adalah segala sesuatu yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan manusia, baik itu barang maupun jasa. Sebutkan dan jelaskan alat pemuas kebutuhan berdasarkan kelangkaan!

Alat ini penting karena kebutuhan manusia beragam, dari kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal hingga kebutuhan yang lebih kompleks seperti pendidikan, hiburan, dan kesehatan.

Alat Pemuas Kebutuhan

Ilustrasi Sebutkan Dan Jelaskan Alat Pemuas Kebutuhan Berdasarkan Kelangkaan, Foto: Unsplash/FabVietnam_Photography.
Ilustrasi Sebutkan Dan Jelaskan Alat Pemuas Kebutuhan Berdasarkan Kelangkaan, Foto: Unsplash/FabVietnam_Photography.

Dikutip dari buku Seri Panduan Belajar Dan Evaluasi Ekonomi SMP/MTs Kelas VIII karya Luvy Sofiah dkk (2006: 3), alat pemuas kebutuhan adalah alat yang dapat digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhannya.

Sebutkan dan jelaskan alat pemuas kebutuhan berdasarkan kelangkaan! Berikut adalah jawabannya:

1. Barang Ekonomi

Barang ekonomi adalah barang atau jasa yang jumlahnya terbatas dan memiliki nilai ekonomi karena memerlukan usaha atau pengorbanan untuk mendapatkannya.

Karakteristiknya:

  • Terbatas: Barang ekonomi tidak tersedia secara bebas di alam. Produksi atau perolehannya memerlukan biaya, tenaga, waktu, ata pengorbanan lain.

  • Memiliki Nilai Tukar: Barang ekonomi memiliki harga di pasar karena adanya permintaan dan penawaran. Semakin terbatas ketersediaan barang tersebut dan semakin tinggi kebutuhannya, harga akan semakin tinggi.

  • Dapat Diperjualbelikan: Karena terbatas dan memiliki harga, barang ekonomi dapat diperdagangkan dan dibeli oleh konsumen yang membutuhkannya.

Contoh Detail:

Makanan seperti beras atau sayuran merupakan barang ekonomi karena memerlukan lahan, tenaga petani, dan proses produksi hingga siap dikonsumsi. Begitu pula kendaraan, yang membutuhkan bahan baku dan proses produksi yang kompleks.

2. Barang Bebas

Barang bebas adalah barang yang jumlahnya melimpah di alam dan tersedia tanpa perlu pengorbanan atau biaya untuk memperolehnya. Contoh: Udara, sinar matahari, air laut, dan angin (dalam kondisi tertentu).

Karakteristiknya:

  • Melimpah: Barang bebas tersedia dalam jumlah besar sehingga semua orang dapat memanfaatkannya tanpa batasan.

  • Tidak Memiliki Harga: Karena jumlahnya tidak terbatas dan mudah diakses, barang bebas umumnya tidak diperjualbelikan dan tidak memiliki nilai tukar ekonomi.

  • Tidak Memerlukan Usaha untuk Memperoleh: Barang ini bisa langsung dimanfaatkan tanpa harus melalui proses produksi atau distribusi.

Contoh Detail:

Udara yang dihirup setiap hari merupakan barang bebas karena tersedia dalam jumlah melimpah di sekitar tanpa perlu pengorbanan atau biaya untuk mendapatkannya. Sinar matahari juga merupakan barang bebas yang bisa dinikmati oleh siapa saja tanpa biaya.

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Kebutuhan Primer dalam Kehidupan Manusia

Itulah jawaban soal 'sebutkan dan jelaskan alat pemuas kebutuhan berdasarkan kelangkaan!'. Alat ini adalah barang ekonomi dan barang bebas. (Umi)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url