Cumi-cumi Super Langka Terekam di Dasar Samudra Pasifik, Tentakel Kayak Benang - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Cumi-cumi Super Langka Terekam di Dasar Samudra Pasifik, Tentakel Kayak Benang
Sep 30th 2024, 11:18, by Habib Allbi Ferdian, kumparanSAINS

Penampakan cumi-cumi sirip besar atau bigfin squid (Magnapinna) terekam sedang berenang di Palung Tonga, Samudra Pasifik Selatan. Foto: Deep Sea Research Centre/University of Western Australia
Penampakan cumi-cumi sirip besar atau bigfin squid (Magnapinna) terekam sedang berenang di Palung Tonga, Samudra Pasifik Selatan. Foto: Deep Sea Research Centre/University of Western Australia

Kamera milik sekelompok peneliti merekam penampakan seekor cumi-cumi super langka tengah berenang di dasar Palung Tonga di Samudra Pasifik Selatan. Dia adalah cumi-cumi sirip besar atau bigfin squid (Magnapinna).

Ocean Conservancy menjelaskan, hewan laut dalam ini sejenis sefalopoda —kelompok yang mencakup gurita dan sotong— dan hanya selusin penampakan yang tercatat sains. Dia termasuk spesies cumi-cumi yang bisa hidup di kedalaman lebih dari 6.100 meter.

Soal penemuan terbaru, Magnapinna terekam dari kedalaman 3.300 meter di bawah permukaan laut. Tim ilmuwan dari Deep Sea Research Centre di University of Western Australia gak sengaja menemukannya saat menjelajahi Palung Tonga.

"Kami selalu berharap dapat melihat jenis hewan ini," kata profesor dan ilmuwan laut dalam di University of Western Australia, Alan Jamieson, dikutip dari Live Science.

(Cumi-cumi sirip besar) bukanlah sesuatu yang Anda cari secara aktif, mereka adalah spesies yang bergantung pada kita yang menemukannya secara tidak sengaja.- Alan Jamieson, profesor dan ilmuwan laut dalam di University of Western Australia -

Jamieson menduga cumi-cumi laut dalam itu sedang atau mencoba makan. Magnapinna tampak berenang perlahan di sepanjang dasar laut, sebelum tiba-tiba berhenti dan menggerakkan sirip besar yang menempel di tubuhnya.

Peneliti memperkirakan tubuh cumi-cumi itu memiliki panjang 20 hingga 30 sentimeter. Lengan tentakelnya yang mirip benang beberapa kali lebih panjang dari tubuhnya.

Cumi-cumi sirip besar disebut dapat tumbuh sepanjang 8 meter, termasuk lengan tentakelnya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url