Pendekatan yang Berhubungan dengan Kualitas Produk yang Menarik untuk Dipelajari - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pendekatan yang Berhubungan dengan Kualitas Produk yang Menarik untuk Dipelajari
Jul 4th 2024, 17:45, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Pendekatan yang Berhubungan dengan Kualitas Produk. Foto: dok. Unsplash/Arshad Pooloo
Ilustrasi Pendekatan yang Berhubungan dengan Kualitas Produk. Foto: dok. Unsplash/Arshad Pooloo

Pendekatan yang berhubungan dengan kualitas produk merupakan pengetahuan tambahan yang menarik untuk dipelajari. Seperti yang diketahui setiap produk yang dijual di pasaran tentunya telah lulus uji kualitas.

Keberadaan produk berkualitas yang beredar di pasaran ini memiliki beberapa faktor pendukung beserta kajian pendekatan. Sebelum mengetahui pendekatan dan faktor yang berkaitan dengan kualitas produk, penting untuk mengenal definisi dari kualitas produk.

Pendekatan yang Berhubungan dengan Kualitas Produk dan Faktor yang memengaruhinya

Ilustrasi Pendekatan yang Berhubungan dengan Kualitas Produk. Foto: dok. Unsplash/Thanh Serious
Ilustrasi Pendekatan yang Berhubungan dengan Kualitas Produk. Foto: dok. Unsplash/Thanh Serious

Mengutip dari dalam buku berjudul Experiental Marketing & Kualitas Produk dalam Kepuasan Pelanggan Generasi Milenial, Dr. Dikdik Harjadi, S.E, M.Si, Iqbal Arraniri, S.E.I, M.M (2021: 35), kualitas produk adalah kemampuan, totalitas fitur dan karakteristik produk atau jasa yang bergantung pada kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan konsumen yang dinyatakan atau tersirat oleh perusahaan.

Kualitas produk yang dihasilkan dapat berubah sesuai dengan faktor yang ada di sekitarnya. Faktor yang memengaruhi kualitas produk yaitu fungsi suatu produk, wujud luar dari suatu produk, serta biaya yang dibutuhkan untuk perolehan suatu produk atau barang hingga produk sampai kepada pembeli.

Selain memiliki faktor pendukung yang memengaruhi kualitas produk, terdapat pula beberapa pendekatan yang berhubungan dengan kualitas produk yang beredar di pasaran. Berikut ini beberapa pendekatan yang berhubungan dengan kualitas produk:

1. Pendekatan Bahan Baku

Pendekatan ini berfokus pada pemilihan bahan baku yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan standar bahan baku yang telah ditetapkan untuk memproduksi suatu barang. Kualitas bahan baku yang digunakan memiliki peran besar karena memberi dampak langsung pada kualitas produk akhir.

2. Pendekatan Proses Produksi

Pendekatan ini berfokus untuk memastikan seluruh proses produksi telah berjalan sesuai dengan standar produksi yang telah ditetapkan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meminimalkan adanya gagal produksi serta menjaga konsistensi produk agar tetap optimal.

3. Pendekatan Produk Akhir

Pendekatan ini melibatkan pengujian akhir terhadap produk yang telah dibuat. Produk yang diuji ini kemudian diverifikasi untuk dapat dinyatakan bahwa barang yang diproduksi telah memenuhi seluruh syarat, spesifikasi dan standar kualitas sebelum diedarkan ke pasaran.

Baca juga: 13 Metode Pengawasan Fungsi Manajemen yang Perlu Dipelajari

Pembahasan mengenai pendekatan yang berhubungan dengan kualitas produk ini dapat dijadikan sebagai ilmu bermanfaat untuk menambah wawasan umum terkait barang yang diproduksi. (DAP)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url