Langkah-Langkah Utama Menyusun Perencanaan Bisnis yang Baik menurut Stoner - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Langkah-Langkah Utama Menyusun Perencanaan Bisnis yang Baik menurut Stoner
Jul 4th 2024, 17:55, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi jelaskan langkah-langkah utama dalam menyusun perencanaan bisnis yang baik menurut stoner - Sumber: unsplash.com/@epicantus
Ilustrasi jelaskan langkah-langkah utama dalam menyusun perencanaan bisnis yang baik menurut stoner - Sumber: unsplash.com/@epicantus

Jelaskan langkah-langkah utama dalam menyusun perencanaan bisnis yang baik menurut Stoner! James A.F. Stoner adalah seorang profesor Sistem Manajemen di Sekolah Administrasi Bisnis Gabelli, Universitas Fordham yang banyak membahas mengenai manajemen bisnis.

Selain mengajar di Fordham, Stoner juga memberikan nasihat kepada beberapa perusahaan besar tentang pergerakan menuju manajemen kualitas. Ia juga mengajar dalam seminar eksekutif tentang kualitas dan manajemen.

Jelaskan Langkah-Langkah Utama dalam Menyusun Perencanaan Bisnis yang Baik menurut Stoner!

Ilustrasi jelaskan langkah-langkah utama dalam menyusun perencanaan bisnis yang baik menurut stoner - Sumber: unsplash.com/@firmbee
Ilustrasi jelaskan langkah-langkah utama dalam menyusun perencanaan bisnis yang baik menurut stoner - Sumber: unsplash.com/@firmbee

Berdasarkan buku Pengantar Manajemen Bisnis, Claudya Nurcahaya, S.E., M.M., Ak., CA., CPA., BKP., CTT, dkk, (2023), perencanaan bisnis adalah proses sistematis untuk merumuskan visi, tujuan, strategi, dan rencana tindakan yang akan diambil oleh organisasi atau pelaku bisnis.

Tujuannya adalah untuk mengatur langkah-langkah yang diperlukan guna mencapai keberhasilan dalam menjalankan bisnis. Selain itu juga untuk mengidentifikasi risiko yang mungkin dihadapi, serta memaksimalkan peluang yang tersedia.

Jika diminta untuk jelaskan langkah-langkah utama dalam menyusun perencanaan bisnis yang baik menurut Stoner! James A.F. Stoner menguraikan beberapa langkah kunci dalam menyusun perencanaan bisnis yang efektif, di antaranya:

1. Mengidentifikasi Tujuan dan Sasaran

Menetapkan tujuan dengan cara yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan memiliki batas waktu.

2. Menganalisis Lingkungan

Melakukan evaluasi terhadap kondisi internal dan eksternal organisasi. Termasuk melakukan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) untuk memahami kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang mungkin dihadapi.

3. Mengembangkan Strategi

Merancang rencana strategis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Caranya dengan mempertimbangkan hasil dari analisis lingkungan, serta merumuskan rencana tindakan yang konkret.

4. Implementasi Strategi

Menjalankan strategi yang telah dirancang. Metodenya adalah dengan mengatur penggunaan sumber daya, menetapkan tanggung jawab, dan memastikan semua anggota memahami peran mereka dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

5. Evaluasi dan Penyesuaian

Memantau serta mengevaluasi pelaksanaan strategi untuk memastikan pencapaian tujuan yang diinginkan. Jika diperlukan, melakukan penyesuaian strategis untuk mengatasi hambatan atau menghadapi perubahan kondisi yang mungkin timbul.

Baca Juga: Perbedaan Manajemen Strategis dan Perencanaan Strategis dalam Bisnis

Itu tadi jawaban untuk jika diminta untuk jelaskan langkah-langkah utama dalam menyusun perencanaan bisnis yang baik menurut Stoner. Langkah-langkah ini membantu memastikan bahwa seluruh aspek manajemen bisnis telah dipertimbangkan secara menyeluruh sebelum implementasi. (DNR)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url