Konsep MPLS Menarik dan Unik Cocok untuk Siswa Baru

Halaman ini telah diakses: Views
Ilustrasi Konsep MPLS Menarik. Sumber: Pixabay/Geralt
Ilustrasi Konsep MPLS Menarik. Sumber: Pixabay/Geralt

MPLS merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh sekolah setiap tahunnya. MPLS diperuntukan bagi peserta didik baru. Supaya tidak membosankan, konsep MPLS menarik harus diterapkan.

Ada banyak konsep MPLS yang dapat dipilih. Misalnya MPLS dengan konsep mentorship dan juga buddy system.

3 Konsep MPLS Menarik untuk Peserta Didik Baru

Ilustrasi Konsep MPLS Menarik. Sumber: Pixabay/Streetwindy
Ilustrasi Konsep MPLS Menarik. Sumber: Pixabay/Streetwindy

Istilah MPLS mungkin sudah tidak asing untuk para murid sekolah. Hal itu karena MPLS dilaksanakan setiap tahun. Dikutip dari situs itjen.kemdikbud.go.id, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah momen yang sangat penting bagi siswa baru yang memulai perjalanan mereka di sekolah baru.

Supaya berbeda dengan tahun sebelumnya, konsep MPLS menarik harus dipikirkan sejak jauh-jauh hari oleh panitia penyelenggara. Dengan konsep yang menarik dan unik, para peserta didik baru tidak akan bosan dengan rangkaian kegiatan MPLS. Berikut beberapa konsep MPLS menarik yang dapat diterapkan di sekolah.

1. Konsep Jelajah Virtual

Konsep MPLS yang dapat dijadikan referensi adalah jelajah virtual. Teknologi VR dan AR dapat digunakan dalam konsep ini. Dengan menggunakan teknologi tersebut, siswa baru dapat diajak berkeliling sekolah secara virtual. Konsep tersebut sangat menarik dan dapat memberikan siswa baru pengalaman yang unik.

2. Konsep Mentorship dan Buddy System

Selain mengusung tema yang menarik, MPLS dapat menyelipkan konsep mentorship dan buddy system. Caranya adalah memasangkan siswa baru dengan siswa senior sebagai buddy atau mentor.

Nantinya, siswa senior akan membantu memperkenalkan sekolah. Selain itu, juga membimbing siswa baru, membantu dalam kegiatan MPLS, dan menjadi teman selama masa adaptasi di lingkungan baru.

3. Mengadakan Kegiatan Luar Ruangan

MPLS tidak harus selalu dilaksanakan di dalam ruangan. Agar siswa baru tidak bosan, buat konsep MPLS di luar ruangan. Misalnya adalah membuat permainan penjelajahan harta karun.

Permainan tersebut akan mendorong siswa baru untuk menjelajahi seluruh sudut sekolah. Sehingga para siswa tersebut dapat mengetahui lokasi-lokasi penting yang ada di sekolah.

Baca juga: Menilik Perbedaan MPLS dan Pra MPLS sebagai Kegiatan Wajib Peserta Didik Baru

Dengan konsep MPLS menarik, peserta didik baru tidak akan bosan selama menjalani kegiatan. Dengan demikian, proses adaptasi di lingkungan sekolah baru akan berjalan dengan lebih baik dan lancar. (FAR)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url