Kegiatan MPLS SMP yang Menarik bagi Peserta Didik Baru

Ilustrasi Kegiatan MPLS SMP yang Menarik. Foto: dok. Unsplash/Vasily Koloda
Ilustrasi Kegiatan MPLS SMP yang Menarik. Foto: dok. Unsplash/Vasily Koloda

Kegiatan MPLS SMP yang menarik dan edukatif dapat dilakukan dalam masa orientasi siswa bagi peserta didik baru. Ada banyak sekali pilihan kegiatan yang dapat diberikan bagi peserta didik baru.

Salah satu ide kegiatan yang dapat dilakukan peserta didik baru adalah berkenalan dengan teman satu angkatannya. Selain itu, masih ada beberapa ide kegiatan lainnya yang dapat dilakukan ketika MPLS.

Macam-Macam Kegiatan MPLS SMP yang Menarik bagi Peserta Didik Baru

Ilustrasi Kegiatan MPLS SMP yang Menarik. Foto: dok. Unsplash/Alexis Brown
Ilustrasi Kegiatan MPLS SMP yang Menarik. Foto: dok. Unsplash/Alexis Brown

Mengutip dari dalam buku berjudul Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar), Nella Agustin, dkk, Ika Maryani (2021: 134), Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau yang juga dikenal dengan singkatan MPLS merupakan salah satu kegiatan tahunan yang wajib dilaksanakan oleh pihak sekolah pada tahun ajaran baru.

Umumnya kegiatan MPLS dilaksanakan pada minggu pertama, yaitu ketika peserta didik baru masuk ke sekolah. Umumnya, kegiatan MPLS dilaksanakan selama tiga hari pada minggu pertama dan pada hari sekolah serta pada jam pelajaran.

Kegiatan MPLS dilaksanakan untuk berbagai jenjang pendidikan termasuk SMP. Kegiatan ini dapat dilakukan baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

Biasanya kegiatan MPLS yang dapat dilakukan di dalam kelas berisi pengenalan wali kelas, guru mata pelajaran, pengenalan ekstrakurikuler, bahkan juga berkenalan dengan teman satu angkatannya.

Berbeda dengan kegiatan MPLS yang dilakukan dalam kelas, kegiatan MPLS yang dapat dilakukan di luar sekolah sangat beragam. Mulai dari jelajah sekolah meliputi lingkungan luar kelas dan masuk ke lingkungan sekolah.

Kegiatan MPLS juga dapat diisi dengan kegiatan perlombaan dan permainan yang bersangkutan dengan proses pengenalan dan adaptasi di lingkungan sekolah baru.

Berdasarkan penjelasan tersebut, terdapat beberapa ide kegiatan MPLS SMP yang menarik untuk dilakukan bersama peserta didik baru. Berikut ini adalah beberapa kegiatannya:

  • Perkenalan dengan teman satu angkatan dengan cara memecahkan teka-teki makanan bekal

  • Perkenalan dengan kakak kelas, guru, dan staf sekolah

  • Perlombaan antar kelompok peserta didik baru

  • Perkenalan ruang kelas dan fasilitas yang ada di sekolah baru

  • Penyuluhan atau edukasi yang menarik bagi peserta didik baru mengenai sekolah

  • Pembuatan yel-yel antar kelompok gugus peserta didik baru.

Baca juga: Menilik Perbedaan MPLS dan Pra MPLS sebagai Kegiatan Wajib Peserta Didik Baru

Itu dia sederet ide kegiatan MPLS yang menarik untuk dilakukan saat masa orientasi peserta didik baru. Dengan begitu, siswa akan lebih mudah mengenal lingkungan sekolah barunya sehingga kegiatan belajar mengajar berjalan lancar. (DAP)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url