Inspirasi Outfit Interview Kerja dan Warna Baju yang Cocok

Halaman ini telah diakses: Views

Ilustrasi Perempuan Karier.  Foto: PRPicturesProduction/Shutterstock
Ilustrasi Perempuan Karier. Foto: PRPicturesProduction/Shutterstock

Selain mempersiapkan fisik dan mental, pemilihan outfit interview kerja juga perlu diperhatikan, Ladies. Penampilan menjadi hal yang pertama kali dilihat para rekruiter, jadi pastikan kamu terlihat rapi dan sopan.

Dalam memilih outfit untuk interview kerja, penting untuk menunjukkan kesan formal. Terutama jika kamu melamar di perusahaan yang menuntut karyawannya untuk tampil profesional.

Sekalipun melamar di perusahaan yang konsepnya lebih santai seperti agency, sebaiknya pelamar tetap tampil rapi saat interview. Outfit rapi merepresentasikan keseriusan seseorang dalam mengejar karier impiannya. Sebaliknya, outfit yang berantakan akan memberi kesan pertama yang tidak serius.

Rekomendasi Outfit Interview Kerja di Perusahaan

Ilustrasi outfit interview kerja. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi outfit interview kerja. Foto: Shutter Stock

Menurut Teen Vogue, berikut ini beberapa rekomendasi outfit interview kerja yang rapi dan formal.

1. Blazer

Blazer akan membuat tampilan jadi otomatis lebih rapi dan formal. Kamu bisa memadukannya dengan celana, rok, atau dress.

Blazer memiliki banyak motif, pola, warna, dan bahan. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan ukuran badanmu.

2. Setelan

Setelan pakaian bisa berupa celana dan kemeja atau rok dengan kemeja. Warna yang senada dari atas hingga bawah akan membuat tampilan terlihat formal tapi tetap simple. Jika ingin makin menarik, tambahkan statement seperti high heels yang warnanya berani.

3. Blouse

Blouse adalah alternatif yang pas untuk dipakai saat interview kerja. Baju ini bisa dipadukan dengan celana bahan maupun rok. Pilih blouse polos untuk tampilan yang lebih formal.

Outfit Interview Kerja Hijab

Ilustrasi outfit interview kerja hijab. Foto: Pexels
Ilustrasi outfit interview kerja hijab. Foto: Pexels

Bagi perempuan yang berhijab, berikut ini beberapa referensi outfit yang bisa digunakan saat menghadiri interview kerja.

1. Celana Bahan dan Blazer

Perpaduan celana bahan dan blazer akan memberi kesan yang formal dan rapi. Sebaiknya gunakan warna yang senada untuk dua item ini. Sedangkan untuk dalaman, kamu bisa mengenakan kemeja yang warnanya kontras.

Kemudian pilih hijab yang warnanya senada dengan kemeja. Untuk memberi kesan rapi, kamu bisa menggunakan hijab model lilit di leher.

2. Rok Plisket dan Blazer

Rok plisket termasuk item fashion yang masih tren sampai sekarang. Potongannya yang semi-formal cocok dipadukan dengan blazer formal.

Sama seperti outfit sebelumnya, sebaiknya gunakan warna rok dan blazer yang senada. Kemudian warna dalamannya bisa disesuaikan dengan warna hijab.

3. Celana Bahan dan Kemeja

Jika ingin tampilan yang lebih simple, kamu bisa kenakan celana bahan dan kemeja polos. Pilih kemeja dengan satu tone warna, kemudian padukan dengan hijab yang warnanya senada dengan celana.

Memakai kemeja motif pun sebenarnya tidak apa-apa jika kamu melamar ke tempat kerja ke industri kreatif. Namun, pastikan motifnya tetap sederhana. Hindari motif yang terlalu heboh dan berwarna-warni.

Baca Juga: Begini Trik Sederhana Lolos saat Interview Kerja menurut Studi Baru

Warna Baju untuk Interview Kerja

Ilustrasi Warna Baju untuk Interview Kerja. Foto: Pexels
Ilustrasi Warna Baju untuk Interview Kerja. Foto: Pexels

Saat interview kerja, pemilihan warna pakaian ternyata juga tidak boleh diabaikan, Ladies. Menurut Indeed, berikut ini beberapa warna yang bisa kamu jadikan pilihan.

1. Biru

Mengenakan baju biru saat interview kerja bisa menambah rasa percaya diri dan memberi kesan bahwa kamu adalah seseorang yang dapat dipercaya. Nuansanya yang cerah juga akan menarik perhatian.

2. Hitam

Dalam psikologi warna, hitam melambangkan kepemimpinan dan dapat meningkatkan kepercayaan diri. Hitam juga termasuk warna yang kuat sehingga pas dikenakan dalam wawancara kerja untuk jabatan tinggi atau posisi manajerial.

3. Putih

Putih merupakan warna yang aman dan bisa dipadukan dengan warna apa saja. Kemeja putih bersih juga memberi kesan bahwa kamu termasuk orang yang terorganisir dan profesional.

4. Cokelat

Cokelat adalah salah satu warna alam yang bisa membangkitkan rasa tenang dalam diri. Warna cokelat juga termasuk netral sehingga dapat dipadukan dengan banyak warna lainnya.

5. Abu-abu

Warna ini dapat memberi kesan mandiri dan percaya diri. Jika ingin penampilan yang lebih menarik, kombinasikan outfit abu-abu dengan warna netral lainnya, seperti sepatu hitam atau tas putih.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url