Cabang Olahraga Tarkam: Sejarah, Cabor, dan Ajang Kejuaraan

Halaman ini telah diakses: Views
Ilustrasi cabang olahraga tarkam, sumber: unsplash/MacedoDiaz
Ilustrasi cabang olahraga tarkam, sumber: unsplash/MacedoDiaz

Cabang olahraga tarkam terdiri dari beberapa jenis. Istilah tarkam tentu sudah familiar di kalangan para pecinta olahraga. Tarkam adalah akronim dari antarkampung yang merujuk pada pertandingan olahraga tingkat amatir di Indonesia.

Sesuai namanya, olahraga ini digelar di kampung-kampung dan diikuti oleh warganya. Olahraga yang dimainkan pada tarkam adalah jenis olahraga yang populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Sejarah Cabang Olahraga Tarkam

Ilustrasi cabang olahraga tarkam, sumber: unsplash/WanSan
Ilustrasi cabang olahraga tarkam, sumber: unsplash/WanSan

Cabang olahraga tarkam telah digelar sejak lama sebagai tradisi yang menggembirakan di Indonesia, bahkan sebelum masa kemerdekaan. Awalnya, olahraga tarkam diselenggarakan sebagai sarana hiburan antarkampung.

Jumlah peminat yang besar ditambah semangat bergotong royong yang tinggi, membuat masyarakat aktif menggelar pertandingan-pertandingan yang kompetitif.

Hal ini sekaligus menjadi ajang mempererat persaudaraan dan memupuk kebersamaan antarwarga. Usai Indonesia merdeka, tradisi ini terus dikembangkan dan menjadi lebih terorganisir karena didukung oleh pemerintah daerah maupun organisasi masyarakat.

Cabang Olahraga Tarkam

Ilustrasi cabang olahraga tarkam, sumber: unsplash/JonathanPeterson
Ilustrasi cabang olahraga tarkam, sumber: unsplash/JonathanPeterson

Mengutop buku Bertumpu pada Kata, Merengkuh Cakrawala, Angga & Alfian (2021), tarkam merupakan pertandingan yang dilakukan layaknya ajang kejuaraan normal, namun tidak sama seperti Jejurnas, Kejurda, atau Popda.

Cabang olahraga tarkam mencakup berbagai jenis aktivitas kebugaran. Beberapa olahraga tersebut, yakni sebagai berikut.

  1. Sepak Bola: Cabang olahraga yang dimainkan oleh 11 orang pemain pada masing-masing grup yang bertanding.

  2. Bola Voli: Cabang olahraga yang dimainkan oleh 6 pemain pada masing-masing regu.

  3. Bulu Tangkis: Olahraga yang bisa dimainkan secara tunggal maupun ganda.

  4. Basket: Pertandingan basket dimainkan oleh 5 pemain pada masing-masing tim.

Walaupun olahraga tarkam bersifat informal, tetapi sudah banyak ajang kejuaraan yang diselenggarakan di tengah-tengah masyarakat. Beberapa ajang kejuaraan tersebut meliputi:

  1. Turnamen desa atau kelurahan: Kompetisi yang digelar oleh pemerintah desa atau kelurahan yang melibatkan beberapa tim dari lingkungan sekitar.

  2. Festival Olahraga Tradisional: Beberapa daerah menggelar festival yang menjadikan olahraga takram sebagai salah satu kegiatannya.

  3. Kejuaraan antarsekolah: Olahraga tarkam di tingkat sekolah digelar sebagai bagian dari acara tahunan sekolah.

  4. Hari Olahraga Nasional: Biasanya, Hari Olahraga Nasional dirayakan dengan menggelar pertandingan takram yang melibatkan partisipasi masyarakat sekitar.

Baca juga: 5 Cabang Olahraga yang Dipertandingkan dalam Tarkam Kemenpora RI

Itulah penjelasan mengenai cabang olahraga tarkam yang mencakup sejarah, cabor, dan ajang kejuaraan. Hingga kini, olahraga takram masih eksis di tengah-tengah masyarakat. (DLA)



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url