Maknyuss, Olahan Ayam Bacem yang Empuk dan Kaya Bumbu Khas Nusantara - juandry blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Maknyuss, Olahan Ayam Bacem yang Empuk dan Kaya Bumbu Khas Nusantara
May 4th 2024, 15:34, by Masruroh, BASRA (Berita Anak Surabaya)

Kuliner ayam bacem. Foto: Masruroh/Basra
Kuliner ayam bacem. Foto: Masruroh/Basra

Bacem atau baceman adalah olahan makanan khas Jawa yang umum ditemukan sebagai bagian dari sajian makanan khas Jawa yang bercita rasa dominan manis. Tahu dan tempe, menjadi jenis bahan makanan yang paling sering diolah dengan teknik bacem.

Salah satu hotel di Surabaya menyajikan menu ayam bacem sebagai olahan kuliner Nusantara. Menariknya, olahan bacem ini menjadikan ayam terasa empuk saat digigit.

"Kita rendam hampir setengah hari ayamnya (dengan bumbu bacem), selain bumbu lebih meresap, tekstur daging ayam lebih empuk," ujar Chef Catur Suyanto, Head Chef Artotel TS Suites Surabaya, kepada Basra, belum lama ini.

Chef Catur Suyanto, Head Chef Artotel TS Suites Surabaya.
Chef Catur Suyanto, Head Chef Artotel TS Suites Surabaya.

Bacem diproses dengan merebus berbagai bahan-bahan makanan dalam air kelapa yang ditambahi berbagai bumbu-bumbu seperti bawang merah-putih, ketumbar, daun salam, lengkuas, hingga gula merah. Ayam direbus dalam air berbumbu itu.

"Kita nggak bacem ayam di atas api terus menerus. Jadi setelah 1 jam dimasak di atas api, kemudian api kita matikan dan kita rendam ayam dalam bumbunya," terang Chef Catur.

Menu ayam bacem ini dihadirkan lewat Campaign Rasa Nusantara Masakan Jawa. Selain ayam bacem, ada juga menu udang bakar bumbu rujak, buntut tumis pedas, bebek goreng hitam, hingga rawon iga.

Menurut Chef Catur Suyanto, deretan menu Nusantara menu tersebut terinspirasi dari cita rasa khas masakan yang ada di pulau Jawa.

"Setiap daerah di Indonesia, khususnya di Jawa pasti memiliki ciri khas rasa kuliner masing-masing. Nah itu yang coba kami hadirkan," tandasnya.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url