Sejarah! Tiga Wasit Wanita Bakal Pimpin Duel Inter vs. Torino di Liga Italia

Wasit perempuan asal Italia Maria Sole Ferrieri Caputi. Foto: Jonathan Moscrop/Getty Images
Wasit perempuan asal Italia Maria Sole Ferrieri Caputi. Foto: Jonathan Moscrop/Getty Images

Peran wanita di kancah sepak bola pria semakin meningkat akhir-akhir ini. Yang terbaru, tiga wasit wanita bakal memimpin duel di Liga Italia pria.

Menurut Asosiasi Wasit Italia (AIA) dikutip dari Reuters, sejarah baru itu akan hadir saat Inter Milan menjamu Torino di Stadion San Siro, Milan, Minggu (28/4) esok. Duel ini akan dipimpin oleh Maria Sole Ferrieri Caputi dan didamping oleh Francesca Di Monte dan Tiziana Trasciatti sebagai asisten.

Bagi Ferrieri Caputi, ia sebenarnya sudah mengukir sejarah sebagai wasit wanita pertama yang memimpin duel di Serie A. Itu hadir ketika laga Sassuolo vs. Salernitana pada musim 2022/23 silam.

Di musim 2023/24 ini, Caputi (33) telah memimpin sebanyak enam laga di Serie A.

Wasit perempuan asal Italia Maria Sole Ferrieri Caputi. Foto: Getty Images
Wasit perempuan asal Italia Maria Sole Ferrieri Caputi. Foto: Getty Images

Kiprah Ferrieri Caputi sebagai pengadil lapangan dimulai pada 2007. Ketika itu, Caputi bergabung dengan asosiasi wasit Italia. Awalnya, ia memimpin pertandingan di liga provinsi dan regional.

Pada 2015, Ferrieri Caputi kemudian dipercaya untuk memimpin pertandingan Serie D. Waktu berlalu, kariernya menanjak dan kini ia adalah pionir wasit wanita di sepak bola Italia.

Sebelum jadi wasit wanita pertama di Serie A, Ferrieri Caputi pernah menjadi memimpin laga yang melibatkan tim Serie A, yakni Cagliari. Momen tersebut terjadi saat Cagliari bersua Cittadella di Coppa Italia 2021/22.

"Orang tua saya tidak ingin saya bermain sepak bola, tetapi pada saat itu segalanya berbeda dengan sekarang. Dan juga kursus wasit menjadi kesempatan yang baik untuk diambil," Caputi saat menceritakan keputusannya menjadi wasit, dikutip dari Football Italia.

"Liga amatir, bagi seorang wasit, adalah yang paling sulit. Saya mengalaminya, saya tidak tenang. Tetapi saya tetap profesional," sambungnya.

Momen ini menambah daftar sejumlah wasit wanita yang juga sukses memimpin laga di kompetisi pria. Di Liga Inggris, misalnya, ada Rebecca Welch yang mencatatkan tonggak baru sebagai wasit perempuan pertama di Premier League.

Lalu, di dataran Asia juga punya Yoshimi Yamashita yang memimpin Piala Asia 2022. Dan yang terbaru, Xie Lijun, juga menjadi wasit wanita pertama di ajang Liga Super China 2024.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url