May 10th 2025, 19:36, by Tim kumparan, kumparanNEWS
PAM JAYA Ambil Langkah Taktis Atasi Masalah Kualitas Air di Wilayah CitraGarden City 2 Extention. Foto: dok: PAM Jaya
PAM JAYA menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan di perumahan CitraGarden City 2 Extention akibat menurunnya kualitas air yang terdistribusi, khususnya terkait bau dan warna air yang tidak sesuai standar pelayanan.
"PAM JAYA mohon maaf atas kondisi ini, kami sangat memahami keresahan pelanggan dan saat ini kami sedang melakukan sejumlah langkah perbaikan secara bertahap dan terukur," ujar Gatra Vaganza, Corporate Communication & Office Director Senior Manager.
Sebagai bagian dari komitmen perbaikan, PAM JAYA telah menyiapkan dan menjalankan beberapa rencana aksi, antara lain:
Melakukan perbaikan kualitas air di Instalasi Pengolahan Air (Water Treatment Plant) dengan fokus pada penyisihan parameter bau dan kekeruhan.
Memasang sensor pendeteksian dini terhadap penurunan kuantitas air baku.
Menyiagakan layanan mobil tangki air bersih ke wilayah terdampak.
Menambahkan proses biologis pada pengolahan air di IPA Citra melalui teknologi MBBR (Moving Bed Biofilm Reactor).
Penggantian pompa air baku, pompa backwash filter dan pompa distribusi serta peremajaan panel elektrikal dan penggantian unit genset untuk meningkatkan kehandalan instalasi pengolahan air.
Memastikan tagihan pelanggan sesuai pemakaian yang tertera pada meter pelanggan.
PAM JAYA Ambil Langkah Taktis Atasi Masalah Kualitas Air di Wilayah CitraGarden City 2extention. Foto: dok: PAM Jaya
"Sebagai bentuk tanggung jawab, PAM JAYA akan memberikan kompensasi sebesar 10% dari tagihan atau maksimal Rp 50.000 (jika 10% dari tagihan di atas Rp 50.000) yang akan langsung dipotong dari tagihan bulan berikutnya," tambah Gatra.
Gatra juga menyampaikan bahwa kejadian ini menjadi pembelajaran penting bagi PAM JAYA pasca peralihan pengelolaan WTP dan layanan pelanggan, mengingat kondisi air baku yang diolah memiliki kualitas yang buruk. PAM JAYA terus berkomitmen untuk melakukan peningkatan kualitas layanan secara berkelanjutan.
PAM JAYA Ambil Langkah Taktis Atasi Masalah Kualitas Air di Wilayah CitraGarden City 2extention. Foto: dok: PAM Jaya
Untuk menyampaikan keluhan atau mendapatkan informasi lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi Contact Center PAM JAYA di 1500223 atau langsung mengunjungi tim pelayanan PAM JAYA di WTP IPA Citra 2 Extention.