Jan 11th 2025, 19:01, by kumparan Studio, kumparanBISNIS
Kementerian BUMN terus meningkatkan kompetensi komunikasi karyawan BUMN, khususnya dalam pemanfaatan teknologi digital dan artificial intelligence (AI) di media sosial. Salah satunya, dengan menggelar workshop dengan tema "Navigating the Future of Social Media with AI Technology" yang diikuti oleh lebih dari 100 peserta dari seluruh BUMN.
Acara yang digelar 3-4 Januari 2025 ini menjadi ajang berbagi ilmu dan inspirasi, mengupas tren terkini dalam dunia media sosial yang kini semakin dipengaruhi oleh teknologi AI.
Staff Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, menyampaikan bahwa pentingnya mengikuti perkembangan zaman, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi.
"Hari ini kita dimudahkan dengan hadirnya AI, mempercepat kita dalam bekerja. Untuk itu, mulai tahun ini kita akan banyak belajar dengan teknologi, diharapkan semua BUMN dapat mengglorifikasi apa saja yang menjadi program pemerintah, Asta Cita Presiden," kata Arya.
Arya juga menjelaskan pentingnya membangun narasi dalam berkomunikasi, membangun campaign dengan formula fear and hope, mewujudkan harapan untuk masyarakat.
"Sebagai komunikator untuk memajukan BUMN, teman-teman paham bagaimana programnya, mana yang butuh promosi, mana yang perlu inovasi. Kita cari angle-angle untuk membangun komunikasinya dengan tujuan akhirnya meningkatkan ekonomi Indonesia," tambahnya.
Kota Padang dipilih sebagai kota pertama dalam rangkaian workshop. Bertempat di The ZHM Premiere, acara terwujud melalui kolaborasi antara Kementerian BUMN dengan PLN, Pertamina, KAI, BTN, Danareksa, SIG dan Pupuk Indonesia.
Kegiatan ini terdiri dari beberapa sesi, salah satunya berupa sharing session oleh Mediatics Digital Indonesia, Danang Prakoso. Ia mengupas tuntas bagaimana AI dapat mengubah cara content creator dan brand berinteraksi dengan audiens, mulai dari penyusunan ide sampai dengan penulisan naskah.
Siti Nur Aisyah dan Vira Enjella juga berbagi tentang bagaimana meningkatkan engagement dan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) yang selama ini diterapkan di Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam tajuk BRI Creator Hub.
Acara ini juga dihadiri oleh General Manager PLN UID Sumatera Barat, Ajrun Karim; Manager Angkutan Barang KAI Divre II Sumatera Barat, Eko Tjahjono; Kepala Humas KAI Divre II Sumatera Barat, M. As'ad Habibudin; Corporate Secretary Semen Padang, Iskandar Z Lubis; SM Communication Semen Padang. Nur Anita Rahmawati serta influencer BUMN se-Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau.
Selama dua hari, peserta tidak hanya mendapatkan ilmu secara teori, namun juga langsung mengimplementasikan beragam materi yang diberikan narasumber melalui workshop task kelompok dan individu. Selain itu peserta juga diajak mengunjungi aset pembangkit milik PLN Indonesia Power, UBP Teluk Sirih.
Peserta melihat secara langsung keandalan UBP Teluk Sirih dalam sistem kelistrikan Sumatera serta inovasi-inovasi yang selama ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah. Mulai dari inovasi co-firing transisi energi hijau menuju swasembada energi, pemanfaatan FABA (Fly Ash Bottom Ash) untuk ekonomi kerakyatan hingga dukungan terhadap ketersediaan listrik Satuan Pelayanan Gizi.
Acara workshop ditutup dengan ramah tamah makan malam bersama serta pemberian penghargaan kepada karya-karya terbaik dari Group Content dan Individual Content Challenge. Muhammad Ikbal dari Pelindo berhasil menjadi juara kategori individual content serta Kelompok 4 sebagai juara kategori group content.