Wawancara Eksklusif CRO Orveon: bareMinerals Lebih dari Sekadar Clean Beauty - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Wawancara Eksklusif CRO Orveon: bareMinerals Lebih dari Sekadar Clean Beauty
Nov 15th 2024, 11:02, by Judith Aura, kumparanWOMAN

Chief Revenue Officer Orveon Global, Marco Ficarelli, saat pembukaan butik pertama bareMinerals di Indonesia di Plaza Senayan, Jakarta Pusat. Foto: bareMinerals
Chief Revenue Officer Orveon Global, Marco Ficarelli, saat pembukaan butik pertama bareMinerals di Indonesia di Plaza Senayan, Jakarta Pusat. Foto: bareMinerals

Setelah nyaris 30 tahun mengudara di industri makeup global, brand kecantikan bareMinerals kini resmi eksis di Indonesia. Lewat pembukaan butik pertamanya di Plaza Senayan pada akhir Oktober lalu, bareMinerals menghadirkan solusi kulit sehat untuk para beauty lovers Tanah Air lewat makeup spesialnya.

Seiringan dengan pembukaan stand-alone boutique bareMinerals di Indonesia, kumparanWOMAN berkesempatan untuk mewawancarai Chief Revenue Officer Orveon Global, Marco Ficarelli. Orveon Global merupakan perusahaan yang menaungi jenama-jenama kecantikan besar dunia, seperti Laura Mercier, Buxom, hingga bareMinerals.

Di kalangan beauty lovers dunia, bareMinerals merupakan brand kecantikan yang terkenal dengan konsep clean beauty—ketika skin care dan makeup diproduksi secara etis, tanpa melakukan uji terhadap hewan, serta mengandung bahan-bahan yang "bersih" alias natural dan aman bagi kulit.

Chief Revenue Officer Orveon Global, Marco Ficarelli. Foto: Dok. Orveon Global
Chief Revenue Officer Orveon Global, Marco Ficarelli. Foto: Dok. Orveon Global

Jenama asal Amerika Serikat ini memiliki bahan utama yakni mineral yang diklaim tak hanya aman, tetapi juga menyehatkan kulit si pemakainya. Berkat kandungan ini, bareMinerals memiliki slogan yang catchy dan sudah bermerek dagang: Makeup so pure, you can sleep in it. (Makeup yang sangat murni, kamu bahkan bisa tidur saat memakainya).

Menurut Marco Ficarelli, inilah yang menjadi daya tarik bareMinerals. Baginya, formula yang murni ini pun menjadi nilai jual bareMinerals dan membuat jenama ini mencolok di antara jajaran produk clean beauty yang sudah menjamur di pasaran.

"Anda bisa tidur saat memakainya. Ini adalah salah satu klaimnya. Terdapat perbedaan antara clean dan pure; banyak brand kecantikan clean beauty di dunia ini, tetapi bareMinerals itu pure (murni). Ketika mulai beroperasi, bareMinerals adalah makeup; bareMinerals adalah merek pertama yang mentransformasi makeup dalam produk perawatan kulit," jelas Marco kepada kumparanWOMAN di Plaza Senayan, Jakarta, pada 28 Oktober lalu.

Ia mengatakan, orang-orang tidak memakai produk-produk bareMinerals hanya karena mereka ingin mengaplikasikan warna cantik di atas kulit mereka.

Menurut Marco, para beauty lovers memilih bareMinerals karena skinification yang dihadirkan oleh brand ciptaan Leslie Blodgett ini. Makeup bareMinerals, mulai dari bedak, foundation, hingga blush on, diformulasikan untuk merawat kesehatan kulit lewat kandungan mineral di dalamnya.

Cerita di balik pendirian bareMinerals tiga dekade lalu

Chief Revenue Officer Orveon Global, Marco Ficarelli (tengah) saat pembukaan butik pertama bareMinerals di Indonesia di Plaza Senayan, Jakarta Pusat. Foto: bareMinerals
Chief Revenue Officer Orveon Global, Marco Ficarelli (tengah) saat pembukaan butik pertama bareMinerals di Indonesia di Plaza Senayan, Jakarta Pusat. Foto: bareMinerals

Lahir di California pada 1995 lalu, bareMinerals diawali oleh misi seorang perempuan bernama Leslie Blodgett yang ingin membantu perempuan tampil maksimal dengan makeup namun tetap bisa merawat kulit dan memiliki kulit sehat.

"Pendiri brand ini ingin menunjukkan dan membantu para perempuan saat itu untuk menutupi kekurangan di kulit menggunakan bedak mineral yang ia ciptakan. Ia mendatangi perempuan yang mengalami masalah di kulit mereka dan membantu mereka memperbaiki area kulit lewat produk ini," jelas Marco yang berbasis di Dubai, Uni Emirat Arab, ini.

Pemasaran bareMinerals di awal kehadirannya juga dilakukan dengan cara tradisional. Jika sekarang semua jenama sudah menikmati kemudahan akses digital dan paparan media sosial, dulu, bareMinerals harus diperkenalkan dari pintu ke pintu.

"Ia (Leslie Blodgett) datang dari pintu ke pintu, berkeliling Amerika Serikat, mengunjungi orang-orang. Kemudian, bareMinerals ditampilkan lewat program TV Shopping, untuk menunjukkan dan menjelaskan seperti apa cara kerja produk ini, karena produk makeup ini sangat spesial," imbuh Marco.

Produk pertama bareMinerals yang ikonis adalah loose powder atau bedak tabur yang mengandung mineral. Berbeda dengan bedak tabur lain yang biasanya tak memiliki coverage, The Original bareMinerals loose powder diklaim mampu menghasilkan coverage yang baik dan menutupi noda di kulit ketika dibaurkan menggunakan kuas khususnya.

"Hari ini, brand bareMinerals bukan sekadar brand makeup, tetapi brand yang memberikan sesuatu yang lebih dari makeup, yaitu konsep sehat merawat kulit. Ini valid untuk perempuan, juga untuk laki-laki."

Bukan sekadar clean beauty

bareMinerals, brand makeup asal Amerika Serikat yang mengedepankan konsep pure beauty. Foto: Dok. bareMinerals
bareMinerals, brand makeup asal Amerika Serikat yang mengedepankan konsep pure beauty. Foto: Dok. bareMinerals

Tak bisa dipungkiri, tren clean beauty saat ini tengah marak di industri kecantikan. Memandang kompetisi di pasar, Marco mengaku bahwa bareMinerals memiliki nilai jual yang kuat dan mentereng berkat konsep pure beauty yang dihadirkan.

"Kami melakukan begitu banyak penelitian dan pengembangan untuk mencari bahan-bahan terbaik, termasuk kandungan mineral yang membuat produk makeup ini murni. Jadi, bahan-bahan yang pure itu lebih dari clean. Contohnya seperti ini: tidak semua air bersih bisa menjadi murni, Anda harus menyaringnya terlebih dahulu agar bisa menjadi murni. Ada perbedaan di situ; bareMinerals itu murni," papar Chief Revenue Officer Orveon Global sejak Januari 2022 ini.

bareMinerals juga disebut menjadi pionir yang memulai tren produk makeup yang clean dan aman untuk kulit. Tak cuma bermodalkan produk yang aman di kulit, bareMinerals juga berupaya menciptakan makeup secara sustainable yang baik untuk lingkungan.

"Kami juga mengembangkan konsep murni ini dalam ruang yang berkelanjutan. Jadi, bukan hanya bahan-bahannya yang sustainable, tetapi juga kemasan primer dan sekunder. Kami ingin menjaga Bumi, kami ingin memandang masa depan dalam cara yang lebih positif dan tidak ingin mengulang kesalahan-kesalahan di masa lalu," imbuh Marco.

Seiring dengan masuknya bareMinerals ke Indonesia, brand kecantikan ini tak hanya membawa solusi untuk kulit lebih sehat, tetapi juga pesan yang kuat.

"Tentu saja, tampil cantik memang baik, tetapi tampil sehat dan menjadi sehat juga sama baiknya. Jadi, melakukannya bersama brand seperti bareMinerals yang lebih dari clean, melainkan pure, itu jauh lebih baik lagi."

Indonesia menjadi pasar penting di Asia bagi bareMinerals

Chief Revenue Officer Orveon Global, Marco Ficarelli. Foto: Dok. Orveon Global
Chief Revenue Officer Orveon Global, Marco Ficarelli. Foto: Dok. Orveon Global

Butik bareMinerals di Plaza Senayan merupakan butik stand-alone ketiga mereka di seluruh dunia. Sebelum Indonesia, bareMinerals hanya memiliki dua butik lainnya di Jepang. Tentunya, ini cukup membuat penasaran: Kenapa Indonesia?

Marco mengatakan, Indonesia merupakan pasar industri kecantikan yang menarik di mata dunia. Sebab, Indonesia memiliki kanal beragam yang memungkinkan produk-produk kecantikan untuk hadir dalam berbagai ruang: Dari ruang offline dalam bentuk butik atau pop-up store, hingga ruang online seperti e-commerce dan media sosial yang diisi oleh influencer hingga ahli makeup.

"Indonesia adalah salah satu dari sedikit pasar di dunia yang mengizinkan brand untuk hadir di butik yang berdiri sendiri, di department store, open-sale, serta online. Merilis brand di pasar seperti Indonesia mungkin adalah salah satu pengalaman paling menyenangkan, karena kami bisa melakukannya di seluruh kanal," jelas Marco.

bareMinerals, brand makeup asal Amerika Serikat yang mengedepankan konsep pure beauty. Foto: Dok. bareMinerals
bareMinerals, brand makeup asal Amerika Serikat yang mengedepankan konsep pure beauty. Foto: Dok. bareMinerals

Menurutnya, ada negara-negara yang tidak membuka peluang brand untuk hadir di department store atau bahkan e-commerce, sesederhana karena tidak ada konsepnya atau pasarnya. Di negara-negara itu, brand harus memilih strategi, sementara di Indonesia, brand "dimanjakan" dengan strategi 360 derajat.

Kekuatan e-commerce dan media sosial Tanah Air juga menjadi daya tarik tersendiri. Dunia maya membantu bareMinerals untuk bisa menyentuh lebih banyak konsumen di Indonesia secara lebih luas lagi.

Produk Must-try dari bareMinerals

Jika kamu tertarik dengan bareMinerals, Marco memiliki rekomendasi produk yang bisa dicoba terlebih dahulu. Ia menyarankan produk-produk complexion atau makeup untuk wajah, mengingat ini adalah produk best seller mereka; mulai dari bedak tabur hingga dalam bentuk compact powder atau liquid foundation.

"Produk The Original bareMinerals bisa dibawa-bawa dalam tas dan diaplikasikan untuk touch up. Atau produk Barepro dalam bentuk compact atau liquid, itu adalah masterpiece kami," ujar Marco, menutup pembicaraan kami di sore hari itu.

Selain produk-produk complexion atau makeup base, makeup bareMinerals lainnya yang tak boleh dilupakan adalah deretan blush on, serta glossy balm atau lip balm dengan pigmentasi tinggi dan hasil yang glossy.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url