Pelantikan Prabowo Makin Dekat, IHSG Diproyeksi Menguat ke 7.700 - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Pelantikan Prabowo Makin Dekat, IHSG Diproyeksi Menguat ke 7.700
Oct 17th 2024, 07:17, by Ema Fitriyani, kumparanBISNIS

Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksi kembali menguat dan uji resistance di level 7.700 pada perdagangan Kamis (17/10). Sebelumnya, IHSG ditutup pada level 7.648,940 menguat 0,28 persen pada perdagangan Rabu (16/10).

Secara teknikal, Phintraco Sekuritas menyebut ada penyempitan negative slope pada indikator MACD serta indikator stochastic RSI mengarah ke atas yang mengindikasikan potensi penguatan lanjutan.

"Jika IHSG mampu bertahan di atas MA20, maka akan berpotensi melanjutkan penguatan menuju level 7.700 tulis Phintraco Kamis (17/10).

Di sisi domestik, penguatan dipicu oleh penantian Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada tanggal 20 Oktober nanti.

"Sementara dari domestik, pasar menantikan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih untuk periode 2024-2029 yang dijadwalkan pada akhir pekan," tulis Phintraco.

Menurut Phintraco, di sisi global pasar menunggu data Retail Sales bulan September 2024 di Amerika yang dijadwalkan rilis pada Kamis (17/10). Hasil yang diperkirakan adalah pertumbuhan sebesar 0.3 persen month on month (MoM) dari 0.1 persen MoM di Agustus 2024.

Selain itu rilis data Initial pada pekan lalu diperkirakan stagnan di level tertinggi di angka 258K, mengindikasikan sector tenaga kerja Amerika sedang melemah. Eropa juga turut memiliki pengaruh terhadap sentimen pasar.

"Pasar memperkirakan Inflasi di Euro Area melandai ke level 1,8 persen year on year (YoY) dari 2.2 persen YoY di Agustus 2024. Di hari yang sama, ECB dijadwalkan melakukan pertemuan untuk membahas mengenai arah kebijakan moneter serta keputusan suku bunga acuan, tulis Phintraco lebih lanjut.

Suasana pengarahan calon menteri oleh Prabowo Subianto di Hambalang, Rabu (16/10/2024). Foto: Dok. Istimewa
Suasana pengarahan calon menteri oleh Prabowo Subianto di Hambalang, Rabu (16/10/2024). Foto: Dok. Istimewa

"Sementara dari domestik, pasar menantikan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih untuk periode 2024-2029 yang dijadwalkan pada akhir pekan," tulis Phintraco.

Beberapa saham yang dapat diperhatikan menurut Phintraco Sekuritas di antaranya adalah AUTO, ACES, GJTL, SIDO, AKRA, MEDC, dan UNTR.

Sedangkan MNC Sekuritas menyebut IHSG masih mampu berada di atas area support 7,518, maka best case, posisi IHSG sedang berada di awal wave [iii] atau wave 5. Walau begitu tetap ada hal yang harus diperhatikan.

"Namun, sebagai worst case, posisi IHSG diperkirakan masih berada pada bagian dari wave (c) dari wave [ii] skenario merah, sehingga penguatan IHSG akan relatif terbatas untuk menguji 7.625-7.680, selanjutnya IHSG akan rawan terkoreksi kembali ke area 7.347," tulis MNC Sekuritas.

Beberapa saham yang dapat diperhatikan menurut MNC Sekuritas adalah BREN, MDKA, TLKM, UNTR.

****

Disclaimer: Keputusan investasi sepenuhnya didasarkan pada pertimbangan dan keputusan pembaca. Berita ini bukan merupakan ajakan untuk membeli, menahan, atau menjual suatu produk investasi tertentu.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url