Hari Museum Nasional Tanggal 12 Oktober dan Sejarahnya - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Hari Museum Nasional Tanggal 12 Oktober dan Sejarahnya
Oct 11th 2024, 17:27, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Hari Museum Nasional    Sumber Unsplash/Alfauzan Nuryadin
Ilustrasi Hari Museum Nasional Sumber Unsplash/Alfauzan Nuryadin

Bulan Oktober identik dengan kunjungan ke museum-museum yang ada di Indonesia. Kunjungan tersebut bagian dari peringatan Hari Museum Nasional setiap tanggal 12 Oktober.

Museum diambil dari kata dalam bahasa Yunani kuno, mouseion, yang artinya tempat memuja dewa pelindung. Museum merupakan tempat yang memamerkan peninggalan kebudayaan manusia.

Sejarah Hari Museum Nasional di Indonesia

Ilustrasi Hari Museum Nasional    Sumber Unsplash/Rina Fitria
Ilustrasi Hari Museum Nasional Sumber Unsplash/Rina Fitria

Sejarah Hari Museum Nasional di Indonesia berawal pada masa kolonial Belanda. Pada tanggal 24 April 1778, pemerintah Hindia Belanda mendirikan Botaviaach Genootschap van Kunsten en Wetenschappen.

Botaviaach Genootschap adalah semacam lembaga ilmu sejarah dan kebudayaan. Salah satu kegiatan utama lembaga ini adalah mempelajari dan memelihara benda-benda yang telah dikumpulkan di museum.

Hadirnya museum tersebut berjasa dalam penelitian serta penyelamatan terhadap peninggalan sejarah, khususnya yang ada di Indonesia. Terbukti dengan semakin meningkatnya minat serta perhatian masyarakat dalam bidang kebudayaan.

Seiring bertambahnya jumlah koleksinya, pada tahun 1862 Pemerintah Belanda membangun gedung museum yang terletak di Jl. Merdeka Barat No. 12 yang sekarang menjadi Museum Nasional.

Selain di Batavia, perkembangan dan pendirian museum juga terjadi di beberapa daerah, seperti Museum Radyapustaka pada 28 Oktober 1890 di Solo dan Kebun Raya Bogor pada tahun 1894.

Berdasarkan buku Museum, Teguh Purwantari (2023:5), perkembangan museum di Indonesia semakin meningkat pesat setelah bangsa Indonesia merdeka.

Pada tanggal 12-14 Oktober 1962 dilaksanakan Musyawarah Museum se-Indonesia yang pertama di Yogyakarta. Musyawarah tersebut menghasilkan 10 resolusi yang menjadi acuan dalam mengembangkan museum di Indonesia.

Bunyi sepuluh resolusi pengembangan museum tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Resolusi tentang perlunya undang-undang tentang permuseuman.

  2. Resolusi pembentukan Badan Musyawarah Museum Indonesia.

  3. Resolusi pembentukan National Committee of ICOM.

  4. Resolusi mengenai desakan agar terutama Pemerintah meningkatkan pemberian bantuan kepada museum-museum yang telah ada.

  5. Resolusi penambahan jumlah museum.

  6. Resolusi agar diadakan Musyawarah Museum Seluruh Indonesia II pada tahun 1965 di Jakarta.

  7. Resolusi tentang pembinaan dan pendidikan macam-macam tenaga museum, melalui kursus-kursus aplikasi, upgrading-courses dan menyokong pikiran pendirian akademi dinas di bidang museologi.

  8. Resolusi agar museologi masuk ke dalam kurikulum universitas.

  9. Resolusi agar museum secara aktif berfungsi untuk kepentingan sosial, pendidikan, ilmu pengetahuan, dan agama.

  10. Resolusi agar museum dijadikan alat penggalang persahabatan bangsa-bangsa serta membantu perkembangan kebudayaan dunia.

Pemerintah Indonesia pun menetapkan setiap tanggal 12 Oktober sebagai Hari Museum Indonesia. Penetapan tanggal 12 Oktober sebagai peringatan Hari Museum Nasional dilakukan pada pertemuan Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) tahun 2015 di Malang, Jawa Timur (Jatim).

Baca juga: Bulan Oktober Memperingati Hari Apa Saja? Ini Hari Besar Nasional untuk Dicatat

Hari Museum Nasional diperingati setiap tanggal 12 Oktober. Peringatan ini berdasarkan sejarah Musyawarah Museum Indonesia (MMI) yang pertama di Yogyakarta. (DK)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url