Sejarah Awal Masuknya Pertandingan Bola Basket ke Indonesia - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Sejarah Awal Masuknya Pertandingan Bola Basket ke Indonesia
Sep 21st 2024, 18:28, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Jelaskan awal masuknya pertandingan bola basket ke Indonesia, sumber gambar: Unsplash/Marcell Screiber
Ilustrasi Jelaskan awal masuknya pertandingan bola basket ke Indonesia, sumber gambar: Unsplash/Marcell Screiber

Jelaskan awal masuknya pertandingan bola basket ke Indonesia hingga berkembang seperti sekarang. Bola basket adalah salah satu olahraga yang digemari oleh banyak orang.

Permainan ini datang ke Indonesia bukan secara tiba-tiba. Diketahui, pertandingan bola basket masuk ke Indonesia pertama kali pada tahun 1920-an. Periode waktu tersebut bertepatan pada masa penjajahan Belanda.

Awal Masuknya Pertandingan Bola Basket ke Indonesia

Ilustrasi Jelaskan awal masuknya pertandingan bola basket ke Indonesia, sumber gambar: Unsplash/Sasha Ellaiz
Ilustrasi Jelaskan awal masuknya pertandingan bola basket ke Indonesia, sumber gambar: Unsplash/Sasha Ellaiz

Jelaskan awal masuknya pertandingan bola basket ke Indonesia! Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Diperkenalkan oleh Orang Tionghoa

Olahraga ini diperkenalkan oleh warga Tionghoa yang berinteraksi dengan orang-orang Belanda di berbagai kota besar. Sebut saja Medan, Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Basket semakin populer di kalangan komunitas Tionghoa karena olahraga ini cukup kompetitif dan memerlukan kerjasama tim.

Pada saat itu, pertandingan bola basket tidak banyak diikuti masyarakat luas. Setelah Indonesia merdeka, bola basket mulai dikenal dengan lebih formal melalui lembaga pendidikan, terutama di sekolah menengah dan universitas.

2. Dibentuknya Perbasi

Mengutip buku Dasar Bola Basket oleh David Iqroni (2023), perkembangan bola basket lebih pesat terjadi pada 1950-an. Sebab, pada tahun 1951, Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) dibentuk. Organisasi ini mendorong dinamika bola basket di Indonesia menjadi lebih berkembang pesat.

Indonesia juga menjadi anggota Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) pada tahun yang sama. Hal ini semakin membuka peluang bagi atlet-atlet basket Indonesia untuk bertanding di ranah internasional.

3. Munculnya Liga-Liga Basket Lokal

Seiring berjalannya waktu, bola basket terus berkembang dengan munculnya liga-liga lokal. Salah satunya adalah Kobatama (Kompetisi Basket Utama) yang muncul pada 1980-an. Kompetisi ini mencuri perhatian banyak penggemar bola basket di Indonesia.

Liga ini selanjutnya berkembang menjadi Indonesia Basketball League (IBL) yang masih ada sampai sekarang. Liga ini menjadi wadah bagi talenta-talenta pebasket muda di seluruh Indonesia.

4. Basket di Masa Sekarang

Saat ini, pertandingan bola basket di Indonesia semakin berkembang dengan munculnya banyak pemain berprestasi yang berlaga di luar negeri. Selain itu, IBL sebagai liga basket tertinggi di Indonesia semakin profesional.

Baca juga: Keberhasilan Suatu Regu Bola Basket dalam Pertandingan Ditentukan oleh Shooting

Itulah jawaban mengenai pertanyaan, jelaskan awal masuknya pertandingan bola basket ke Indonesia. Dengan mengetahui sejarah olahraga tersebut, masyarakat Indonesia dapat memahami proses perkembangan bola basket dari dulu hingga sekarang. (DLA)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url