Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 Halaman 32: Sejarah Trem di Surabaya - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 Halaman 32: Sejarah Trem di Surabaya
Sep 4th 2024, 20:04, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi kunci jawaban sejarah kelas 10 halaman 32. Foto: Pexels/Min An
Ilustrasi kunci jawaban sejarah kelas 10 halaman 32. Foto: Pexels/Min An

Dalam peristiwa sejarah melibatkan manusia, ruang, dan waktu yang dipelajari siswa kelas 10. Hal inilah yang membuat beberapa siswa mencari tahu tentang beberapa soal di dalamnya. Salah satunya kunci jawaban sejarah kelas 10 halaman 32.

Pada halaman tersebut siswa diminta untuk mengerjakan beberapa soal tentang Sepenggal Perjalanan Sejarah Trem di Surabaya. Adanya kunci jawaban bisa menjadi referensi atau bantuan dalam menjawab pertanyaan yang ada.

Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 Halaman 32

Ilustrasi kunci jawaban sejarah kelas 10 halaman 32. Foto: Unsplash/Ian Talmacs
Ilustrasi kunci jawaban sejarah kelas 10 halaman 32. Foto: Unsplash/Ian Talmacs

Dikutip dari buku Sejarah SMK Kelas X oleh Sari Oktafiana (2021), pada halaman 32, siswa diminta untuk membaca studi kasus berjudul Sepenggal Perjalanan Sejarah Trem di Surabaya. Kemudian, siswa diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang ada.

Adapun kunci jawaban sejarah kelas 10 halaman 32 yakni:

  1. Jelaskan perkembangan trem pada masa pemerintah Belanda hingga masa sekarang!

    Jawab:

    Trem pada masa pemerintahan Hindia Belanda diawali dari diberikannya izin untuk Ooster Java Stoomtram Maatschappij (PJS).

    Perusahaan ini mengelola dengan trayek awal Ujung-Sepanjang, Mojokerto-Ngoro, dan Gemekan Dinoyo pada tahun 1886 dan mulai beroperasi pada tahun 1889.

    Seiring dengan perkembangan kota, OJS terus menambah jalur, terutama di dalam kota. Antara tahun 1913-1916, jalur sisi barat ke pusat kota dibuka. OJS membangun trem listrik pada 1911 dan selesai di tahun 1924 karena efisien, bebas polusi dan bersih.

    Kedatangan mobil yang hampir bersamaan dengan dimulainya operasional listrik menyebabkan trem bersaing dengan bus, taksi, oplet, dan mobil pribadi.

    Setelah zaman Malaise (krisis ekonomi dunia) pada tahun 1930, trem juga harus bersaing dengan sepeda yang mulai masuk dari Jepang. Ditambah dengan anggapan kaum penggerak bahwa trem dengan kelas-kelasnya sebagai simbol penjajahan.

    Pada masa setelah Indonesia merdeka, trem diambil alih oleh Djawatan Kereta Api. Namun, akibat buruknya pengelolaan dan persaingan yang ketat dengan moda transportasi lain menyebabkan tren di Surabaya mati pada tahun 1970-an.

  2. Bagaimanakah kesinambungan trem sebagai moda transportasi pada masa dahulu hingga sekarang?

    Jawab:

    Pada masa lalu, trem sebagai transportasi umum banyak digunakan masyarakat. Namun dengan berkembangnya moda transportasi lainnya dan buruknya pengelolaan membuat trem semakin ditinggalkan.

    Sehingga, saat ini trem tidak lagi digunakan meskipun jalur-jalurnya masih ada. Masyarakat lebih memilih moda transportasi seperti bus, kereta api, hingga mobil.

  3. Adakah peristiwa pengulangan yang terkait dengan berhentinya trem sebagai salah satu moda transportasi umum apabila kalian hubungkan dengan kejadian pada masa kini terkait dengan nasib dari moda transportasi umum? Jelaskan sesuai dengan kondisi penggunaan moda transportasi umum di daerah kalian!

    Jawab:

    Tidak ada peristiwa pengulangan seperti berhentinya trem sebagai transportasi umum. Sebab, transportasi umum seperti bus dan kereta api semakin banyak diminati masyarakat.

    Hal ini dikarenakan pengelolaan dan inovasi yang terus berkembang. Selain itu, persaingan membuat datangnya armada baru yang lebih bersih dan terjangkau.

  4. Jelaskan perubahan apa yang terjadi dari penggunaan trem di Surabaya pada masa itu?

    Jawab:

    Penggunaan trem di Surabaya pada masa lalu membawa perubahan signifikan pada perekonomian. Sebab, kehadiran trem sangat penting bagi buruh yang tinggal di pinggiran untuk sampai ke tempat kerja di pusat kota.

    Selain itu, kehadiran trem membantu dalam meningkatkan mobilitas masyarakat dan memudahkan akses transportasi bagi pekerja maupun pengusaha.

  5. Mengapa trem dapat menjadi simbol penjajahan bagi kaum pergerakan kemerdekaan pada masa itu?

    Jawab:

    Kaum penggerak kemerdekaan menganggap trem sebagai simbol penjajahan karena terdapat kelas sekaligus stasiun yang memungkinkan orang untuk menandai perbedaan kelas, atau dipaksa untuk menerima posisi inferior seseorang.

    Dampaknya, serikat buruh kereta api dan trem di Surabaya melakukan pemogokan pada 1923 sebagai perlawanan terhadap ketidakadilan.

Baca Juga: Bahas Tuntas Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 Kurikulum Merdeka Halaman 8

Sekarang sudah mengetahui kunci jawaban sejarah kelas 10 halaman 32 tentang studi kasus sepenggal perjalanan sejarah trem di Surabaya bukan? Semoga penjelasan di atas dapat menambah wawasan tentang sejarah moda transportasi di Indonesia.(MZM)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url