4 Alasan yang Menjawab Mengapa Perlu Mempelajari Ilmu Sejarah - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
4 Alasan yang Menjawab Mengapa Perlu Mempelajari Ilmu Sejarah
Sep 21st 2024, 17:42, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Mengapa Perlu Mempelajari Ilmu Sejarah. Sumber: Unsplash/Clarisse Meyer
Ilustrasi Mengapa Perlu Mempelajari Ilmu Sejarah. Sumber: Unsplash/Clarisse Meyer

Setiap ilmu pengetahuan penting untuk dipelajari oleh manusia, termasuk ilmu sejarah. Mengapa perlu mempelajari ilmu sejarah? Ilmu sejarah perlu dipelajari karena mempunyai banyak manfaat bagi manusia.

Contoh manfaat mempelajari sejarah adalah membuat manusia memiliki kesadaran tentang waktu. Sejarah membuat manusia dapat memahami bahwa waktu akan terus berjalan dan waktu tersebut akan mencakup berbagai macam perubahan serta perkembangan.

Mengapa Perlu Mempelajari Ilmu Sejarah?

Ilustrasi Mengapa Perlu Mempelajari Ilmu Sejarah. Sumber: Unsplash/Jez Timms
Ilustrasi Mengapa Perlu Mempelajari Ilmu Sejarah. Sumber: Unsplash/Jez Timms

Sejarah merupakan bidang ilmu pengetahuan yang penting untuk dipelajari oleh manusia. Mengapa perlu mempelajari ilmu sejarah? Berikut adalah empat alasan yang menjelaskan urgensi mempelajari ilmu sejarah dalam kehidupan.

1. Memberi Kesadaran tentang Waktu

Dikutip dari buku Pasti Bisa Sejarah Indonesia untuk SMA/MA Kelas X, Tim Ganesha Operation (2017 1), sejarah menurut Nugroho Notosusanto adalah peristiwa-peristiwa yang menyangkut manusia sebagai makhluk bermasyarakat yang terjadi pada masa lampau.

Sejarah membuat manusia di masa sekarang dan masa mendatang dapat mengetahui peristiwa masa lampau. Ketika hal itu terjadi, manusia dapat menyadari tentang waktu.

Waktu dalam kehidupan manusia akan terus berjalan. Waktu tersebut akan mencakup berbagai macam perubahan serta perkembangan. Oleh karena itu, mempelajari sejarah dapat memberi kesadaran tentang waktu dan membuat manusia menghargai waktu.

2. Memperkokoh Nasionalisme

Sejarah suatu bangsa dapat memperkokoh nasionalisme dari bangsa tersebut. Hal itu dapat terjadi karena generasi penerus bangsa menyadari tentang perjuangan generasi terdahulu untuk membentuk atau mempertahankan negara, contohnya negara Indonesia.

Dikutip dari buku Sejarah 1: Sekolah Menengah Atas Kelas X, Mustopo, dkk. (2007: 13), perjalanan sejarah bangsa Indonesia menjadi ingatan kolektif yang dapat menimbulkan rasa solidaritas dan mempertebal semangat kebangsaan.

3. Memberi Inspirasi

Sejarah membuat manusia dapat mengenal peristiwa masa lampau secara detail, mulai dari nama, tempat, waktu, hingga suasana yang terjadi. Setiap unsur tersebut dapat memberi inspirasi bagi manusia di masa sekarang dan masa mendatang.

Contoh inspirasi yang muncul karena mempelajari sejarah adalah melakukan penelitian tentang kronologi pembangunan candi. Selain itu, mempelajari sejarah juga dapat menginspirasi generasi penerus untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan.

4. Sarana Rekreatif

Sejarah juga dapat menjadi sarana rekreatif bagi manusia. Ketika mempelajari sejarah, manusia akan mengetahui dan mengenal suasana masa lampau layaknya membaca karangan fiksi, seperti cerpen, novel, atau komik yang imajinatif.

Namun, sejarah dapat memiliki manfaat lebih banyak karena memuat tentang fakta. Jadi, manusia mendapatkan manfaat hiburan sekaligus pendidikan saat mempelajari sejarah.

Baca juga: Pengertian Sejarah menurut Roeslan Abdulgani dan Para Ahli Lainnya

Jadi, mengapa perlu mempelajari ilmu sejarah? Alasannya adalah karena sejarah memiliki banyak manfaat, seperti memberi kesadaran tentang waktu, memperkokoh nasionalisme, memberi inspirasi, dan menjadi sarana rekreatif. (AA)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url