Aug 7th 2024, 12:01, by Selfy Momongan, kumparanWOMAN
Perhelatan fesyen modest tahunan terbesar di Indonesia, Muslim Fashion Festival (MUFFEST)+ akan digelar untuk kesembilan kalinya pada 8-11 Agustus 2024 di Istora Senayan Jakarta, Ladies. Diselenggarakan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) bekerja sama dengan Gemalindo Kreasi Indonesia, gelaran MUFFEST+ tahun ini mengusung tajuk "Flying to the Global Market".
National Chair Indonesian Fashion Chamber (IFC) Lenny menjelaskan MUFFEST+ merupakan event pameran dagang dan fashion show yang menyoroti keragaman budaya dan kreativitas produk fesyen modest serta gaya hidup halal di Indonesia.
Sesuai tema yang diusung tahun ini, MUFFEST+ ingin berperan sebagai landasan bagi fesyen modest Indonesia agar bisa menjadi trendsetter di pasar lokal, nasional, maupun internasional. Tak hanya itu, MUFFEST+ Indonesia sebagai pusat fesyen modest dunia.
"Di tahun kesembilan ini, MUFFEST+ diharapkan dapat semakin memperkuat peran dalam memasarkan fesyen modest Indonesia ke pasar global. MUFFEST+ telah membersamai brand-brand fesyen modest di tanah air yang bertumbuh menjadi luar biasa sampai ke internasional. Seiring bertambahnya usia, MUFFEST+ dituntut mampu membuat hype supaya industri fesyen modest menjadi lebih lebar lagi seperti merambah ke segmen yang lebih muda," ujar Lenny dalam keterangan tertulis yang diterima kumparanWOMAN, Selasa (6/8).
Spesial di perhelatan tahun ini, MUFFEST+ akan kembali menggaungkan konsep sustainable yang telah dilakukan sejak 2020, Ladies. Tidak hanya pada produk jadi, namun konsep keberlangsungan ini juga akan diterapkan dari hulu ke hilir sehingga mendukung terciptanya produk-produk fesyen modest yang berstandar internasional.
Nantinya karya-karya terbaik brand dan desainer modest Indonesia tak hanya memiliki keindahan secara estetika, berinovasi dan berdaya jual tinggi, tapi juga memiliki nilai tanggung jawab terhadap planet serta masyarakat dunia secara berkelanjutan.
MUFFEST+ 2024 hadirkan sekitar 175 brand
MUFFEST+ 2024 juga akan menghadirkan ragam gaya busana modest di antaranya street wear, evening wear, urban, kontemporer, hingga syar'i dari 175 brand yang tergabung dalam peragaan busana dan pameran dagang. Demi menggaet lebih banyak audience, MUFFEST+ tahun ini juga dihadirkan dengan sentuhan baru yang lebih fresh dan berjiwa muda. Terlihat dari pemilihan tempat penyelengaraan yaitu di Istora Senayan Jakarta yang menjadi pusat kumpul gen-Z dan milenial.
Selain itu fashion show juga akan disinergikan dengan perfoma musisi muda seperti HIVI! dan Voice of Baceprot. Sesuai tema yang diusung yaitu Flying to the Global Market, MUFFEST+ berkomitmen memberikan pengalaman berbeda bagi pengunjung melalui penataan ambience seperti berada di bandara.
Melanjutkan pencanangannya tahun lalu, MUFFEST+ sebagai salah satu kegiatan Road to IN2MF 2024, juga akan kembali menampilkan koleksi karya anggota Industri Kreatif Syariah (IKRA) Indonesia dan UMKM binaan Bank Indonesia sebagai perwakilan partisipan dari event IN2MF 2024 mendatang.
IN2MF dan program IKRA merupakan upaya yang dilakukan Bank Indonesia dalam rangka mendukung pengembangan ekosistem modest fashion secara end to end khususnya dalam mendorong akses pasar dan memperkuat kapasitas pelaku usaha serta akses terhadap pembiayaan.
Perhelatan MUFFEST+ akan diramaikan pula oleh kegiatan seperti seminar Fashion Trend Forecasting, talkshow, workshop, dan business matching. Sementara itu, pameran dagang atau eksibisi MUFFEST+ tahun ini akan menampilkan koleksi fesyen modest, hijab, alas kaki, tas, tekstil, perhiasan, aksesoris, kosmetik, dan produk kecantikan.
Adapun, MUFFEST+ tahun ini terselenggara atas kerja sama sinergis dengan berbagai pihak yaitu Wardah sebagai Official Makeup and Skincare, BSI (Bank Syariah Indonesia) sebagai Official Bank, Asia Pacific Rayon (APR) dan Gistex sebagai Sponsor, serta didukung oleh Kementerian Perdagangan RI, Bali Coffee Club, Habitare Apart Hotel Rusuna Jakarta, dan juga YOU.C1000. Kemudian Bank Indonesia dengan Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) sebagai Event Partner dan Hijabersmom sebagai Community Partner.