Apakah Jeruk Nipis Bisa Menghilangkan Jerawat? Ini Penjelasannya - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Apakah Jeruk Nipis Bisa Menghilangkan Jerawat? Ini Penjelasannya
Aug 27th 2024, 10:00, by Adelia Sufri, kumparanWOMAN

Ilustrasi kulit berjerawat. Foto: Backgroundy/Shutterstock
Ilustrasi kulit berjerawat. Foto: Backgroundy/Shutterstock

Ada banyak skin care di pasaran yang menggunakan vitamin C sebagai bahan utama untuk menyehatkan kulit. Tapi tahukah kamu kalau vitamin C juga bisa diperoleh dari bahan alami seperti jeruk nipis?

Ya, Ladies, mengutip laman Healthline, jeruk nipis menyediakan vitamin C lebih dari 20% kebutuhan harian tubuh. Kandungan yang banyak itu dapat mendorong pembentukan kolagen sehingga kulit lebih kencang.

Selain itu, jeruk nipis juga tinggi antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas penyebab munculnya tanda-tanda penuaan kulit. Namun, apakah jeruk nipis bisa menghilangkan jerawat juga? Temukan jawabannya dalam pembahasan berikut, Ladies.

Apakah Jeruk Nipis Bisa Menghilangkan Jerawat?

Ilustrasi Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis. Foto: Dok. Shutterstock
Ilustrasi Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis. Foto: Dok. Shutterstock

Menurut Medical News Today, lemon dipercaya dapat digunakan sebagai treatment jerawat karena mampu mencegah peradangan dan mengurangi kadar minyak serta bakteri di kulit.

Meskipun begitu, sebenarnya belum ada penelitian yang secara spesifik mengaitkan antara jeruk nipis dan bakteri. Tapi sudah ada penelitian yang menggali efek anti-inflamasi dan anti-bakteri dalam lemon pada kulit hewan.

Sebuah penelitian berjudul Anti-Inflammatory Properties and Chemical Characterization of the Essential Oils of Four Citrus Species (2018) menemukan bahwa efek anti-inflamasi pada jeruk berkaitan dengan bahan kimia limonene yang terdapat pada bagian kulitnya. Bahan kimia tersebut bisa mengurangi peradangan kulit pada tikus.

Penelitian lain berjudul Phytochemical, Antimicrobial, and Antioxidant Activities of Different Citrus Juice Concentrates (2018) juga menemukan bahwa penggunaan ekstrak minyak jeruk nipis secara langsung pada kulit tikus dapat membantu mengurangi peradangan dan kerusakan kulit.

Sayangnya, kedua penelitian itu dilakukan pada hewan, sehingga masih belum pasti apakah aman untuk manusia. Namun, jika kamu ingin mencoba khasiatnya, boleh-boleh saja, kok, Ladies.

Dalam laman Vogue India dijelaskan bahwa kamu bisa mengoleskan air jeruk nipis ke wajah menggunakan kapas. Kemudian diamkan selama 5-10 menit sebelum dibilas. Tapi jika kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya konsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu untuk menghindari risiko iritasi.

Pasalnya, jeruk nipis mengandung citric acid yang berpotensi memicu munculnya sensasi terbakar, kulit kering, kemerahan, gatal-gatal, dan semakin sensitif terhadap sinar matahari.

Jika ingin mendapatkan manfaat jeruk nipis dengan cara yang lebih aman, kamu bisa minum campuran air dan jeruk nipis saja, tidak perlu dioleskan langsung ke kulit, Ladies.

Baca Juga: Jerawat Hormonal vs Jerawat Bakteri, Ketahui Perbedaan & Kiat Mengatasinya

Manfaat Jeruk Nipis untuk Tubuh

Ilustrasi Jeruk Nipis. Foto: Dok. Shutterstock
Ilustrasi Jeruk Nipis. Foto: Dok. Shutterstock

Menurut Healthline, minum campuran air dan jeruk nipis tidak hanya bermanfaat untuk kulit, tapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut ini beberapa manfaatnya:

  • Meningkatkan imunitas. Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis membantu meningkatkan produksi sel darah putih untuk melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit

  • Mengurangi faktor risiko penyakit jantung. Vitamin C dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

  • Mencegah batu ginjal. Jeruk nipis mengandung citric acid yang dapat mencegah batu ginjal dengan cara meningkatkan kadar sitrat dan mengikat mineral pembentuk batu dalam urine.

  • Mencegah anemia. Vitamin C bisa membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari bahan pangan nabati untuk membantu mencegah anemia dan defisiensi zat besi.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url