Sejarah Perkembangan Sosiologi di Dunia, Ilmu tentang Kehidupan Sosial Manusia - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Sejarah Perkembangan Sosiologi di Dunia, Ilmu tentang Kehidupan Sosial Manusia
Jul 25th 2024, 21:54, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Jelaskan Sejarah Perkembangan Sosiologi di Dunia. Sumber: Unsplash/Priscilla Du Preez 🇨🇦
Ilustrasi Jelaskan Sejarah Perkembangan Sosiologi di Dunia. Sumber: Unsplash/Priscilla Du Preez 🇨🇦

Sejarah merupakan salah satu unsur yang melekat dalam kehidupan manusia. Keadaan tersebut dapat terlihat dari berbagai macam aspek dalam kehidupan manusia yang memiliki sejarah, contohnya sosiologi. Jelaskan sejarah perkembangan sosiologi di dunia!

Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan di dunia bermula dari pemikiran para pengamat sosial. Salah satu di antaranya adalah Auguste Comte. Ilmu pengetahuan yang mengkaji berbagai aspek sosial tersebut mulai muncul pada abad ke-19.

Jelaskan Sejarah Perkembangan Sosiologi di Dunia!

Ilustrasi Jelaskan Sejarah Perkembangan Sosiologi di Dunia. Sumber: Unsplash/Priscilla Du Preez 🇨🇦
Ilustrasi Jelaskan Sejarah Perkembangan Sosiologi di Dunia. Sumber: Unsplash/Priscilla Du Preez 🇨🇦

Sosiologi merupakan jenis ilmu pengetahuan yang mengkaji kehidupan sosial masyarakat, baik itu sifat, perilaku, perkembangan, struktur, proses, maupun perubahannya. Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan mempunyai sejarah layaknya disiplin ilmu lain.

Jelaskan sejarah perkembangan sosiologi di dunia! Berikut adalah ringkasan kisah mengenai sejarah kelahiran sosiologi sebagai salah satu ilmu pengetahuan penting di dunia.

A. Lahir dari Pemikiran Pengamat Sosial

Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang bermula dari pemikiran para pengamat sosial, salah satunya Auguste Comte. Auguste Comte adalah seorang filsuf sekaligus matematikawan Prancis.

Auguste Comte tertarik saat melihat perbedaan yang besar pada Revolusi Industri. Dikutip dari buku Sosiologi 1 SMA Kelas X, Soeroso (2008: 9) Revolusi Industri di Inggris menyebabkan perkembangan ekonomi yang tidak merata antara pusat dengan daerah.

Keadaan tersebut mengakibatkan masyarakat di daerah pusat industri mengalami peningkatan kesejahteraan. Namun, masyarakat di daerah lain tetap berada dalam kondisi yang kekurangan.

B. Revolusi Industri dan Revolusi Sosial

Revolusi Industri di Inggris membuat Comte terus memikirkan cara memperkecil dan menghilangkan kesenjangan. Pemikiran tersebut akhirnya mencapai Kesimpulan bahwa harus ada ilmu yang mempelajari serta mengarahkan masyarakat.

Ilmu tersebut nantinya memiliki tugas untuk mempelajari perkembangan masyarakat serta dampak yang ditimbulkan oleh perubahan sosial tersebut. Selain Revolusi Industri di Inggris, Revolusi Sosial di Prancis juga melatarbelakangi kelahiran sosiologi.

Mengutip dari buku yang sama, Soeroso (2008: 9), Revolusi Industri berbeda halnya dengan Revolusi Sosial di Prancis. Sistem pemerintahan teokrasi yang pada masa itu berkuasa meyakini kaisar adalah manusia yang tidak jahat dan tidak bersalah.

Keyakinan tersebut menimbulkan praktik absolutism tumbuh subur sehingga muncul tindakan kesewenang-wenangan terhadap harkat martabat manusia. Keadaan itu membuat masyarakat berpikir rasional dan mengarah pada perkembangan masyarakat.

Baca juga: 4 Faktor Penghambat Terjadinya Perubahan Sosial menurut Soerjono Soekanto

Setelah menyimak penjelasan di atas, diketahui bahwa cara menjawab instruksi jelaskan sejarah perkembangan sosiologi di dunia adalah memahami latar belakangnya. Latar belakang lahirnya sosiologi adalah Revolusi Industri dan Revolusi Sosial. (AA)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url