Salah Pilih Seprai Bisa Sebabkan Kulit Kusam

Halaman ini telah diakses: Views
Ilustrasi Perempuan Kulit Kusam. Foto: dok. Freepik
Ilustrasi Perempuan Kulit Kusam. Foto: dok. Freepik

Seprai yang kita gunakan setiap hari ternyata memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan kulit kita, Ladies. Berdasarkan laporan Amerisleep, pada saat tidur, tubuh kita melepaskan lebih dari 30.000 sel kulit mati per jam.

Sel-sel kulit mati ini menumpuk di seprai dan sarung bantal bersama dengan keringat dan debu kotoran lainnya. Kondisi ini tentunya sangat berisiko bagi kesehatan kulit dan bisa menyebabkan masalah mulai dari kulit wajah berjerawat hingga kulit kusam.

Untuk itu pemilihan jenis kain seprai sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit kita, Ladies. Kain yang terbuat dari serat alami terbukti lebih baik dalam hal sirkulasi udara. Sebab, semakin banyak udara yang lewat, semakin sedikit bakteri yang terperangkap.

Lalu, bahan kain seprai seperti apa yang baik untuk menjaga kesehatan kulit?

1. Kain Katun

Katun organik 100% terbukti baik untuk kulit, terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Namun, katun tidak bersifat hipoalergenik dan antibakteri. Ini berarti kain dapat menyimpan lebih banyak debu dan bakteri jika kamu tidak menggantinya atau mencucinya secara rutin.

2. Sutra

Ilustrasi seprai sutra. Foto: JpegPhotographer/Shutterstock
Ilustrasi seprai sutra. Foto: JpegPhotographer/Shutterstock

Dibandingkan katun, permukaan sutra yang lebih halus menghasilkan lebih sedikit gesekan pada kulit sehingga mencegah iritasi. Selain itu sutra juga bersifat hipoalergenik, antibakteri, dan antijamur. Bahan sutra juga dapat menjaga kelembapan kulit lebih baik serta mencegah rambut kusut dan patah.

3. Linen

Seperti sutra, linen merupakan bahan yang breathable dan dapat menyerap kelembapan. Linen juga dibuat tanpa bahan kimia berbahaya seperti pestisida dan herbisida sehingga tidak beracun untuk kulit. Bahan ini juga bersifat hipoalergenik.

4. Bamboo

Kain bamboo merupakan kain yang sustainable karena terbuat dari tanaman bambu yang mudah tumbuh dan tidak membutuhkan lingkungan khusus. Dibandingkan dengan katun, bambu menggunakan lebih sedikit air untuk tumbuh. Proses pembuatannya pun tidak menggunakan bahan kimia beracun sehingga kain bamboo juga bersifat hipoalergenik dan antibakteri.

Jenis kain ini juga adem dan breathable sehingga dapat menjaga kelembapan kulit lebih baik. Permukaannya yang halus juga mengurangi gesekan pada kulit dan dapat mencegah pertumbuhan tungau debu.

Selain memilih bahan yang tepat, jangan lupa juga untuk memperhatikan kebersihan dan cara perawatan seprai ya, Ladies. Ganti dan cuci set seprai secara teratur setidaknya sekali seminggu untuk menghindari penumpukan sel kulit mati, keringat, dan kotoran.

Pilih deterjen yang lembut untuk mencuci seprai. Sebaiknya gunakan deterjen bebas pewarna dan bebas pewangi. Set seprai yang terbuat dari 100% katun akan menjadi lebih lembut seiring waktu tanpa menggunakan pelembut.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url