Riset Indef: Netizen Pesimistis Prabowo-Gibran Bisa Lunasi Utang Era Jokowi - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Riset Indef: Netizen Pesimistis Prabowo-Gibran Bisa Lunasi Utang Era Jokowi
Jul 4th 2024, 13:17, by Nicha Muslimawati, kumparanBISNIS

Presiden Jokowi berjalan bersama suksesornya, Prabowo Subianto di acara WWF, Bali, Mei 2024. Foto: Instagram/@prabowo
Presiden Jokowi berjalan bersama suksesornya, Prabowo Subianto di acara WWF, Bali, Mei 2024. Foto: Instagram/@prabowo

Riset yang dilakukan Institute for Development of Economics and Finance (Indef) di media sosial X dan Google Trend, menunjukkan bahwa netizen Indonesia pesimistis presiden terpilih, Prabowo Subianto, bisa melunasi utang di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Direktur Pengembangan Big Data Indef, Eko Listiyanto, mengatakan 72,5 persen netizen pesimistis bahwa utang pemerintah akan mampu ditangani pada pemerintahan Prabowo-Gibran.

Para netizen 18.000 akun perbincangan itu menganggap Prabowo mampu enggak menangani warisan utang Jokowi? Ternyata 72,5 persen pesimis bahwa utang ini akan mampu diselesaikan, atau setidaknya bisa ditangani di pemerintahan Prabowo Gibran dalam 5 tahun ke depan," ujar Eko dalam Diskusi Publik INDEF di Tjikini Lima Jakarta, Rabu (4/7).
Direktur Pengembangan Big Data Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Eko Listiyanto dalam diskusi publik INDEF di Jakarta, Kamis (4/7/2024). Foto: Ghinaa Rahmatika/kumparan
Direktur Pengembangan Big Data Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Eko Listiyanto dalam diskusi publik INDEF di Jakarta, Kamis (4/7/2024). Foto: Ghinaa Rahmatika/kumparan

Angka 72,5 persen tersebut menggambarkan para penggiat sosial media sudah merasa bahwa kondisi keuangan negara semakin terlalu buruk, sehingga optimisme mulai menipis.

"Bahkan kalau perbincangan di sosial media itu sudah berbicara negara akan kolaps, walaupun dari peneliti bisa jauh. Tapi ini bisa penting, karena lonceng ketidakstabilan ekonomi sekarang referensi kita paling dekat sosial media," tutur Eko.

Eko menyebut, para gen Z menyuarakan aspirasi mereka bahwa beban utang pemerintah terlalu tinggi. Netizen juga mengeluhkan Jokowi ingkar janji bahwa utang pemerintah akan membengkak.

Pada masa kampanye presiden di 2014, Jokowi berjanji untuk mengurangi utang negara secara bertahap sehingga rasio utang terhadap PDB. Nyatanya, rasio utang negara justru naik menjadi 40 persen dari PDB dibandingkan era SBY yang hanya 24,7 dari PDB.

"Dulu awal Jokowi memerintah sempat berjanji untuk mengurangi, yang terjadi justru kita bisa tahu kenaikan utang tertinggi sepanjang sejarah republik ini di Jokowi," tambahnya.

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dinilai netizen menjadi proyek pemerintah yang paling membebani utang. Sebab, mereka meragukan proyek ini akan gagal yang menjadi beban keuangan negara.

"Secara proporsional, IKN bukan terbesar dalam konteks utang, tapi concern para netizen. Kenapa? Kita tahu investor tidak ada yang masuk. Kebanyakan enggak pada masuk jadi mereka khawatir ini ke depan bagaimana keberlanjutannya," terang Eko.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url