Penjelasan Tahun 2024 HUT RI ke Berapa dan Sejarah Singkatnya - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Penjelasan Tahun 2024 HUT RI ke Berapa dan Sejarah Singkatnya
Jul 19th 2024, 18:37, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Tahun 2024 HUT RI ke Berapa. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun
Ilustrasi Tahun 2024 HUT RI ke Berapa. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun

Setiap tanggal 17 Agustus, Indonesia memperingati kemerdekaan. Lantas, tahun 2024 HUT RI ke berapa?

Seluruh masyarakat Indonesia wajib mengetahuinya. Dengan mengetahui HUT RI, masyarakat Indonesia dapat mengenang jasa para pahlawan yang tak gentar dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Tahun 2024 HUT RI ke Berapa?

Ilustrasi Tahun 2024 HUT RI ke Berapa. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun
Ilustrasi Tahun 2024 HUT RI ke Berapa. Sumber: Unsplash/Mufid Majnun

Indonesia dahulu pernah dijajah oleh Belanda dan Jepang. Setelah ratusan tahun dijajah, akhirnya pada tanggal 17 Agustus 1945, kemerdekaan Indonesia diproklamasikan.

Untuk memperingati kemerdekaan dan mengenang jasa para pahlawan, setiap tahun akan ada perayaan HUT RI. Dikutip dari buku Tematik 6G Kepemimpinan Kurikulum 2013 Revisi 2016, Nurelah dan Supriyadi (2021), perayaan HUT RI dilakukan oleh semua lapisan masyarakat.

HUT RI biasanya akan dirayakan dengan melaksanakan upacara bendera dan lomba-lomba yang seru. Lantas, tahun 2024 HUT RI ke berapa?

Tahun ini Indonesia merayakan ulang tahun yang ke-79. Tahun ini, pemerintah Indonesia akan menyelenggarakan upacara dan perayaan hari ulang tahun dengan tema besar "Nusantara Baru Indonesia Maju".

Sejarah Kemerdekaan Indonesia

Ilustrasi Tahun 2024 HUT RI ke Berapa. Sumber: Unsplash/Bisma Mahendra
Ilustrasi Tahun 2024 HUT RI ke Berapa. Sumber: Unsplash/Bisma Mahendra

Kemerdekaan Indonesia melalui sejarah yang sangat panjang. Pada tahun 1945, tersiar kabar bahwa Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu.

Jepang menyerah setelah kota Hiroshima dan Nagasaki dibom di tanggal 15 Agustus. Golongan muda yang mendengar hal tersebut mendesak Soekarno dan Hatta untuk memanfaatkan momentum tersebut.

Sementara golongan tua meminta Soekarno dan Hatta untuk menunggu hingga tanggal 24 Agustus 1945. Karena perbedaan pendapat tersebut, pada tanggal 15 Agustus 1945, Soekarno dan Hatta dibawa ke Rengasdengklok.

"Penculikan" tersebut dilakukan dengan harapan proklamasi kemerdekaan akan dipercepat. Akhirnya, Soekarno dan Hatta kembali bersama dengan Ahmad Soebardjo dengan jaminan akan melakukan proklamasi.

Pada malam harinya, mereka pergi ke rumah Laksamana Maeda untuk membahas proklamasi. Naskah proklamasi kemudian rampung dalam kurun waktu dua jam. Naskah tersebut kemudian diserahkan kepada Sayuti Melik untuk diketik.

Setelah selesai, naskah tersebut ditandatangani oleh Soekarno. Kemudian pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB, kemerdekaan Indonesia diproklamasikan oleh Soekarno. Proklamasi kemerdekaan dibacakan di Jalan Pegangsaan Timur noor 56. Kabar mengenai kemerdekaan Indonesia kemudian disebarluaskan.

Baca juga: Teks Proklamasi dan Sejarah Penyusunannya

Tahun 2024 HUT RI ke berapa? Tahun 2024, Indonesia akan berulang tahun yang ke-79. Pada momen tersebut, masyarakat dapat mengenang jasa para pahlawan yang telah bersusah payah merebut kemerdekaan Indonesia dari genggaman penjajah. (FAR)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url