Penjelasan Apa Itu Ospek di Universitas, Sejarah, dan Manfaat - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
Ilustrasi Apa Itu Ospek. Sumber: Pexels/Keira Burton
Ilustrasi Apa Itu Ospek. Sumber: Pexels/Keira Burton

Setiap mahasiswa baru wajib mengikuti ospek saat masuk ke kampus atau perguruan tinggi. Apa itu ospek di kampus?

Mahasiswa mungkin sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Ospek merupakan istilah untuk menyebutkan kegiatan pengenalan kampus. Ospek dilakukan pada semester awal dan pesertanya adalah seluruh mahasiswa baru.

Mengetahui Apa Itu Ospek di Universitas dan Sejarah Singkat

Ilustrasi Apa Itu Ospek. Sumber: Pexels/Olly
Ilustrasi Apa Itu Ospek. Sumber: Pexels/Olly

Apa itu ospek di universitas? Dikutip dari buku Lulus Kuliah dengan Bismillah, Mahalauw (2017), ospek adalah salah satu kegiatan orientasi mahasiswa baru atau panjangnya Orientasi Pengenalan Kampus.

Ospek diselenggarakan oleh seluruh universitas. Namun, ospek di setiap universitas memiliki kegiatan yang berbeda-beda. Ospek dilakukan untuk memperkenalkan kehidupan perkuliahan dan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru.

Hal itu karena dunia perkuliahan jauh berbeda dengan masa sekolah. Contohnya perbedaan metode belajar, jadwal kelas, pakaian, dan lain sebagainya. Dengan mengikuti ospek, mahasiswa baru diharapkan dapat lebih mudah beradaptasi dengan kehidupan kampus.

Sistem ospek ini ternyata sudah ada di Indonesia sejak tahun 1898 hingga 1927. Di STOVIA (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen) terdapat "ospek" dengan cara perpeloncoan. Pada ospek tersebut, akan terlihat jelas hierarki antara senior dengan junior.

Junior akan menjadi bawahan para senior untuk melakukan berbagai macam tugas. Sistem ospek tersebut berlanjut hingga antara tahun 1928 dan 1942. Di Institusi Pendidikan GHS, ospek tersebut diterapkan dengan lebih formal. Selain itu, partisipasi mahasiswa sifatnya adalah sukarela.

Seiring berjalannya waktu, ospek terus dilakukan hingga menjadi kewajiban pihak kampus. Pelaksanaan ospek juga berkembang. Misalnya memberikan tugas, membawa barang-barang tertentu, menggunakan kostum unik, dan lain sebagainya.

Manfaat Ospek Bagi Mahasiswa dan Mahasiswi

Ilustrasi Apa Itu Ospek. Sumber: Pexels/Olly
Ilustrasi Apa Itu Ospek. Sumber: Pexels/Olly

Ospek memiliki banyak manfaat untuk para mahasiswa dan mahasiswi baru. Berikut beberapa manfaat mengikuti ospek di kampus.

1. Mendapatkan Teman Baru

Saat kegiatan ospek, seluruh mahasiswa baru di suatu kampus akan berpartisipasi. Pada kesempatan ini, seluruh mahasiswa dapat berkenalan dan membangun hubungan pertemanan.

2. Memperkenalkan Lingkungan Kampus

Suatu kampus memiliki banyak fakultas dan fasilitas. Melalui kegiatan ospek, para mahasiswa baru dapat mulai mengenal lingkungan tempatnya menuntut ilmu untuk beberapa tahun ke depan tersebut.

Apa itu ospek? Jadi, ospek merupakan singkatan dari Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus. Setiap mahasiswa baru wajib mengikuti kegiatan tersebut. (FAR)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url