Apa Itu WO dalam Perlombaan dan Olahraga yang Menarik untuk Diketahui - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Apa Itu WO dalam Perlombaan dan Olahraga yang Menarik untuk Diketahui
Jul 5th 2024, 19:24, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi Apa Itu WO. Foto: dok. Unsplash/Jimmy Conover
Ilustrasi Apa Itu WO. Foto: dok. Unsplash/Jimmy Conover

Apa itu WO? Istilah WO cukup banyak dikenal dalam pertandingan olahraga maupun perlombaan. Istilah WO tersebut memiliki arti tertentu.

Biasanya istilah WO ini digunakan untuk menyatakan peserta lomba yang menang tanpa adanya pertandingan. Hal ini terjadi karena adanya kondisi dan ketentuan tertentu.

Mengenal Apa Itu WO dalam Perlombaan dan Olahraga

Ilustrasi Apa Itu WO. Foto: dok. Unsplash/Sebastian Pociecha
Ilustrasi Apa Itu WO. Foto: dok. Unsplash/Sebastian Pociecha

Dalam perlombaan dan olahraga, terdapat berbagai istilah yang digunakan untuk menyatakan kondisi pertandingan yang berlangsung. Salah satunya adalah istilah WO. Apa itu WO?

Istilah WO merupakan singkatan dari walkover. Istilah ini berarti memberikan kemenangan kepada salah satu peserta lomba karena peserta lomba lainnya yang menjadi lawan tidak dapat berpartisipasi dalam pertandingan.

Lawan yang tidak berpartisipasi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah peserta lomba yang menjadi lawan tidak hadir di tempat perlombaan sehingga peserta lomba yang hadir dinyatakan sebagai pemenang.

Selain itu, istilah WO juga dapat digunakan untuk menyatakan kondisi peserta lomba yang menjadi lawan telah didiskualifikasi dalam perlombaan atau bahkan menyatakan menyerah sehingga memilih untuk tidak ikut bertanding.

Secara garis besar dapat diketahui bahwa pernyataan peserta lomba yang WO ini disebabkan karena peserta melanggar peraturan lomba yang diberlakukan. Hal ini berlaku dalam berbagai pertandingan olahraga, salah satunya bulu tangkis.

Mengutip dari dalam buku berjudul Bugar dan Berprestasi Bersama Pekan Olahraga Mahasiswa, Achmad Busrotun Nufus, ‎Boris Ramadhika, ‎Muhamad Choirul Anam (2020: 69), dalam peraturan pertandingan, jika ada pemain yang gilirannya bertanding sesuai jadwalnya setelah dipanggil dalam waktu lima menit tidak memasuki lapangan dinyatakan kalah atau WO.

Selain itu, istilah WO ini juga digunakan dalam pertandingan tenis. Dalam peraturan pertandingan tenis, jika waktu pertandingan sudah dimulai namun atlet belum juga hadir maka akan dilakukan pemanggilan ulang sebanyak tiga kali dengan interval waktu lima menit. Jika panggilan ketiga telah lewat maka kemenangan WO diberikan bagi lawan yang hadir.

Baca juga: Aturan Perlombaan Lomba Lari Jarak Pendek

Dengan mengetahui apa itu WO yang digunakan dalam olahraga dan pertandingan, peserta lomba yang ikut bertanding dapat memahami istilah-istilah yang umum digunakan. Selain itu, peserta lomba juga akan memahami peraturan lomba atau pertandingan yang telah berlaku. (DAP)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url