Antara Jokowi dan Gibran saat Jelang Dilantik Presiden dan Wapres - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Antara Jokowi dan Gibran saat Jelang Dilantik Presiden dan Wapres
Jul 17th 2024, 12:05, by Muhammad Luthfi Humam, kumparanNEWS

Cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka menonton wayang lakon Jokowi dan Prabowo di STAI Brebes, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024). Foto: Zamachsyari/kumparan
Cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka menonton wayang lakon Jokowi dan Prabowo di STAI Brebes, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024). Foto: Zamachsyari/kumparan

Wapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka mengundurkan diri dari jabatan Wali Kota Solo. Pengunduran diri itu diserahkan melalui surat yang disampaikan ke DPRD Solo pada Selasa (16/7).

Sebetulnya, Gibran masih punya waktu sekitar 2,5 bulan lagi untuk menuntaskan jabatannya sebagai wali kota. Sebab, ia baru dilantik sebagai wapres untuk mendampingi presiden terpilih, Prabowo Subianto pada 20 Oktober mendatang.

Secara aturan, memang Gibran tidak harus mundur dari jabatannya sebelum waktu dilantik. Hal tersebut termaktub dalam Pasal 170 UU 7/2017 Tentang Pemilu yang bunyinya seperti berikut:

Pejabat negara yang dicalonkan oleh partai politik peserta pemilu atau gabungan partai politik sebagai capres atau cawapres harus mengundurkan diri dari jabatannya, kecuali presiden, wakil presiden, pimpinan dan anggota MPR, pimpinan dan anggota DPR, pimpinan dan anggota DPD, menteri dan pejabat setingkat menteri, dan gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota, dan wakil wali kota.

Gibran mengutarakan alasan mundur sebagai wali kota adalah karena ingin belanja masalah selama sisa waktu sebelum dilantik. Ia juga sudah mengemasi barang-barangnya di kantor Wali Kota Solo serta rumah dinasnya. Dia akan pindah ke Jakarta setelah tidak lagi menjadi Wali Kota Solo.

Presiden Jokowi berkeliling usai resmikan "Jokowi Learning Center" di SMA Kebangsaan Lampung. Foto: Dok. Istimewa
Presiden Jokowi berkeliling usai resmikan "Jokowi Learning Center" di SMA Kebangsaan Lampung. Foto: Dok. Istimewa

"Sepertinya pindah domisili Jakarta. Pilkada nyoblos mungkin di jakarta, otomatis KTP pindah Jakarta. Keluarga diboyong semua. Sudah anak-anak sudah (pindah) sekolah di Jakarta," katanya usai mengajukan surat pengunduran diri sebagai Walkot Solo ke DPRD, Senin (16/7).

Sementara itu, ayah Gibran, Jokowi kala itu, juga mengundurkan diri sebelum dilantik menjadi presiden pada 2014 lalu.

Jokowi mundur dari Gubernur DKI Jakarta pada 2 Oktober. Artinya, Jokowi mundur H-18 sebelum dilantik.

Saat itu, Jokowi membacakan pidato pengunduran dirinya di rapat paripurna DPRD DKI Jakarta. Pada 2014 Jokowi terpilih sebagai presiden bersama wakilnya yakni Jusuf Kalla.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url