12 Anak Yakub: Nama dan Kisahnya menurut Sejarah - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
12 Anak Yakub: Nama dan Kisahnya menurut Sejarah
Jul 19th 2024, 19:29, by Berita Terkini, Berita Terkini

Ilustrasi 12 anak yakub - Sumber: pixabay.com/makalu
Ilustrasi 12 anak yakub - Sumber: pixabay.com/makalu

Jika membahas mengenai 12 anak Yakub, secara otomatis akan sampai pada pembahasan tentang Bani Israil. Semua anak dan keturunan Yakub disebut sebagai Bani Israil karena Yakub dikenal sebagai Israel atau Israil dalam agama Yahudi, Kristen, dan Islam.

Nama "Israel" berarti "yang bergumul dengan Tuhan" atau "prajurit Tuhan.". Nama tersebut diberikan kepada Yakub setelah ia berjuang dengan seorang malaikat. Sesuai dengan yang tercatat dalam Kitab Kejadian (Kejadian 32:28).

Mengenal 12 Anak Yakub

Ilustrasi 12 anak yakub - Sumber: pixabay.com
Ilustrasi 12 anak yakub - Sumber: pixabay.com

Yakub adalah tokoh penting dalam sejarah bangsa Israel. Dia memiliki 12 anak laki-laki dari empat istri yang berbeda, yaitu Lea, Rahel, Bilha, dan Zilpa. Kedua belas anak ini kemudian menjadi leluhur dari 12 suku Israel.

Berdasarkan buku Kisah Alkitab Untuk Anak: Yusuf Sang Pemimpi, Ronald Kang, (2023), berikut adalah nama-nama 12 anak Yakub dan sedikit kisah tentang mereka.

1. Ruben

Anak pertama Yakub dari Lea. Ruben terkenal karena mencoba menyelamatkan Yusuf ketika saudara-saudaranya merencanakan untuk membunuhnya.

2. Simeon

Anak kedua dari Lea. Bersama saudaranya, Lewi, ia membalas dendam atas pemerkosaan saudara perempuannya, Dina. Mereka melakukannya dengan cara membunuh semua pria di kota Syikhem.

3. Lewi (Levi)

Levi adalah anak ketiga dari Lea. Selain peristiwa di Syikhem, Lewi adalah leluhur dari suku Lewi yang kemudian menjadi imam-imam Israel.

4. Yehuda

Yehuda dikenal karena perannya dalam kisah Tamar dan sebagai nenek moyang dari raja-raja Israel, termasuk Raja Daud dan Yesus Kristus. Yehuda adalah anak keempat dari Lea.

5. Dan

Anak pertama dari Bilha, budak Rahel. Suku Dan dikenal karena keberanian mereka, namun juga sering tergoda oleh penyembahan berhala.

6. Naftali (Naphtali)

Anak kedua dari Bilha. Naftali digambarkan sebagai rusa liar yang cepat dan merupakan leluhur dari suku yang dikenal sebagai pejuang yang tangguh.

7. Gad

Gad adalah anak pertama dari istri Yakub yang lain, yaitu Zilpa, budak Lea. Gad dan keturunannya dikenal sebagai prajurit yang kuat.

8. Asyer (Asher)

Anak kedua dari Zilpa. Asyer berarti "bahagia.". Menurut catatan sejarah, Asyer dan keturunannya dikenal sebagai orang yang makmur dan diberkati.

9. Isakhar (Issachar)

Anak kelima dari Lea. Isakhar dan sukunya dikenal sebagai pekerja keras dan petani yang ulung.

10. Zebulon

Ini adala anak keenam dari Lea. Zebulon dikenal sebagai pelaut dan pedagang, serta menetap di wilayah pesisir.

11. Yusuf

Anak pertama dari Rahel, istri yang paling dicintai Yakub. Yusuf terkenal karena mimpinya dan perjalanan hidupnya yang dramatis dari dijual sebagai budak hingga menjadi penguasa di Mesir.

12. Benyamin (Benjamin)

Benyamin adalah anak bungsu dari Rahel. Rahel meninggal saat melahirkan Benyamin. Dia adalah satu-satunya saudara Yusuf yang lahir di tanah Kanaan, yang keturunannya dikenal sebagai prajurit yang gagah berani.

Baca Juga: Memahami Kisah Yesus Dibaptis dalam Alkitab

Semua anak laki-laki Yakub menjadi kepala dari dua belas suku Israel. Karena Yakub (Israel) adalah leluhur dari semua suku ini, seluruh keturunan dari anak-anaknya disebut sebagai Bani Israil. Dengan kata lain, setiap suku di Israel adalah bagian dari garis keturunan Yakub.

Kisah mengenai 12 anak Yakub bukan hanya bagian dari sejarah, tetapi juga menjadi pondasi dari budaya dan identitas bangsa Israel. Masing-masing anak Yakub berperan penting dalam perkembangan suku-suku Israel dan budaya yang bertahan hingga saat ini. (DNR)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url