Tomat Termasuk Buah atau Sayur? Ini Fakta Menariknya - juandry blog

Halaman ini telah diakses: Views
kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
Tomat Termasuk Buah atau Sayur? Ini Fakta Menariknya
Jun 26th 2024, 18:40, by Berita Terkini, Berita Terkini

Tomat Termasuk Buah atau Sayur? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Avin CP
Tomat Termasuk Buah atau Sayur? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Avin CP

Banyak orang yang belum bisa membedakan tomat termasuk buah atau sayur. Hal tersebut karena tomat biasa digunakan sebagai bahan pelengkap untuk membuat makanan sehingga mirip seperti sayuran.

Terlepas dari perdebatan antara buah dan sayur, tomat merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia jika dikonsumsi. Selain itu, ada beberapa fakta menarik lainnya untuk disimak.

Tomat Termasuk Buah atau Sayur? Ini Jawabannya

Tomat Termasuk Buah atau Sayur? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/おにぎり
Tomat Termasuk Buah atau Sayur? Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/おにぎり

Dikutip dari buku Bercocok Tanam Tomat Untung Melimpah, Eva Riyanty Lubis, (2020), tomat merupakan salah satu jenis tanaman yang berasal dari Amerika dan banyak dibudidayakan di ladang, pekarangan, pot atau bahkan tumbuh liar.

Tanaman ini merupakan tanaman yang cocok ditanam di wilayah dataran rendah hingga tinggi antara 1.000 hingga 1.600 mdpl. Tomat adalah tumbuhan yang tidak tahan serangan air hujan dan sinar matahari yang terlalu terik.

Hal tersebut yang membuat tanaman ini harus mendapatkan perhatian ekstra, jika tidak maka akan mati. Salah satu hal menarik yang perlu dibahas ketika membicarakan tomat adalah tomat termasuk buah atau sayur.

Banyak orang yang salah bahkan belum mengerti mengenai hal ini. Jadi secara botani tomat merupakan buah. Hal tersebut karena tomat memiliki biji di dalamnya dan tumbuh dari bunga seperti buah secara umumnya.

Sementara itu jika dilihat dari sisi kuliner maka tomat termasuk sayuran. Hal tersebut karena pada saat memasak tomat digunakan sebagai bahan untuk melengkapi dan membuat citarasa makanan menjadi lebih enak.

Meski begitu secara ilmiah tomat termasuk ke dalam jenis buah sehingga sekarang tidak perlu melakukan perdebatan lagi mengenai tomat. Berikut ini adalah fakta menarik dari tomat yang belum banyak diketahui orang berhubungan dengan manfaatnya.

1. Kandungan Nutrisi yang Lengkap

Tomat merupakan sumber vitamin C yang luar biasa. Satu buah tomat ukuran sedang memenuhi 20% kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C ini berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu penyerapan zat besi, dan menjaga kesehatan kulit.

Selain vitamin C, tomat juga kaya akan vitamin A, vitamin K, vitamin B6, folat, dan kalium. Kandungan vitamin A dan C dalam tomat merupakan kombinasi antioksidan kuat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan.

2. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Likopen dalam tomat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL), sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A, lutein, dan zeaxanthin dalam tomat penting untuk kesehatan mata. Konsumsi tomat secara teratur dapat membantu menjaga penglihatan yang baik, mengurangi risiko degenerasi makula, dan katarak.

Baca juga: 4 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan

Demikian adalah pembahasan mengenai perdebatan tomat buah atau sayur. Terlepas dari itu tomat merupakan buah yang memiliki banyak manfaat untuk manusia. (WWN)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url