Rasul Pertama Kali Hijrah ke Madinah Bersama dengan Siapa? Ini Sejarahnya

Halaman ini telah diakses: Views
Ilustrasi Rasul Pertama Kali Hijrah ke Madinah Bersama dengan. Sumber: Unsplash/bady abbas
Ilustrasi Rasul Pertama Kali Hijrah ke Madinah Bersama dengan. Sumber: Unsplash/bady abbas

Rasul pertama kali hijrah ke Madinah bersama dengan Abu Bakar. Perjalanan hijrah tersebut memiliki banyak penyebab. Salah satunya adalah karena dakwah di Makkah yang kurang berkembang akibat penolakan dari kaum Quraisy.

Rasulullah saw. melakukan perjalanan menuju Madinah bersama Abu Bakar pada tahun 622 Masehi. Kala itu, Rasulullah saw. mengambil jalur selatan Makkah, yakni jalur yang biasanya digunakan untuk perjalanan ke Yaman.

Rasul Pertama Kali Hijrah ke Madinah Bersama dengan Abu Bakar

Ilustrasi Rasul Pertama Kali Hijrah ke Madinah Bersama dengan. Sumber: Unsplash/A Miah
Ilustrasi Rasul Pertama Kali Hijrah ke Madinah Bersama dengan. Sumber: Unsplash/A Miah

Nabi Muhammad saw. adalah suri teladan bagi pemeluk agama Islam. Banyak sikap dan sifat Rasulullah saw. yang mulia, salah satunya adalah keteguhannya dalam berdakwah. Nabi sekaligus rasul terakhir dalam ajaran Islam tersebut semula berdakwah di Makkah.

Namun, dakwah di Makkah kurang berkembang akibat penolakan dari orang kafir Quraisy. Sebelum Rasulullah saw. hijrah ke Madinah, penduduk Madinah juga pernah meminta supaya Nabi tinggal bersamanya.

Selain itu, hal yang paling utama adalah Allah Swt. juga memberi perintah untuk berhijrah. Nabi Muhammad saw. sebagai rasul utusan Allah Swt. pun melakukan hijrah ke Madinah.

Rasul pertama kali hijrah ke Madinah bersama dengan salah satu sahabatnya, yakni Abu Bakar. Sebelum hijrah ke Madinah bersama Abu Bakar, Rasulullah saw. mendatangi rumah Abu Bakar.

Dikutip dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SD Kelas IV, Faozan dan Jamaluddin (2021: 81), Nabi Muhammad saw. menyampaikan pada Abu Bakar bahwa telah mendapat izin untuk berhijrah.

Perjalanan Hijrah Nabi Muhammad ke Madinah

Ilustrasi Rasul Pertama Kali Hijrah ke Madinah Bersama dengan. Sumber: Unsplash/Haidan
Ilustrasi Rasul Pertama Kali Hijrah ke Madinah Bersama dengan. Sumber: Unsplash/Haidan

Abu Bakar sebagai sahabat Nabi Muhammad saw. adalah sosok yang setia dan selalu sedia berjuang di jalan Allah Swt. Setelah Nabi Muhammad saw. menyampaikan tentang izin berhijrah, Abu Bakar menyampaikan bahwa dirinya telah menyiapkan dua unta.

Satu unta untuk Nabi Muhammad saw. dan satu lagi untuk dirinya. Mengutip dari buku yang sama, Faozan dan Jamaluddin (2021: 81), Abu Bakar juga menghubungi Abdullah bin Uraiqit untuk menjadi penunjuk jalan.

Perjalanan hijrah Nabi Muhammad saw. ke Madinah berlangsung pada tahun 13 September 622 M. Kala itu, Nabi terakhir dalam ajaran Islam tersebut ke luar dari rumah Abu Bakar pada malam hari.

Nabi Muhammad saw. dan Abu Bakar tidak ke luar melalui pintu depan, melainkan lewat celah dalam rumah menuju jalan belakang. Perjalanan hijrah tersebut kemudian menempuh jalur selatan Makkah. Wallahu a'lam bishawab.

Jalur tersebut bukan jalur yang umum untuk ke Madinah, melainkan biasa digunakan untuk perjalanan ke Yaman. Nabi Muhammad saw. bersama Abu Bakar pun akhirnya bertemu dengan Abdullah bin Uraiqit yang mengantarnya menuju Madinah.

Baca juga: Kisah Nabi Ibrahim a.s. dalam Membuktikan Kekuasaan Allah Swt.

Kini, diketahui bahwa Rasul pertama kali hijrah ke Madinah bersama dengan Abu Bakar. Peristiwa hijrah tersebut berlangsung pada tahun 622 Masehi. (AA)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url