5 Kandungan Skincare untuk Mencerahkan Wajah

Halaman ini telah diakses: Views
Kulit tampak glowing dengan menggunakan kandungan skincare untuk mencerahkan wajah. Foto: Shutterstock
Kulit tampak glowing dengan menggunakan kandungan skincare untuk mencerahkan wajah. Foto: Shutterstock

Kebanyakan wanita mendambakan kulit wajah cerah dan sehat. Untuk itu, kamu wajib tahu apa saja kandungan skincare untuk mencerahkan wajah. Namun, perlu diingat bahwa konsep mencerahkan wajah ini berbeda dengan mengubah skin tone, ya, Ladies.

Skin tone atau warna kulit setiap orang berbeda-beda dan biasanya tidak akan berubah sebab dipengaruhi oleh genetik. Ada orang yang terlahir dengan skin tone terang dan gelap. Semuanya normal dan memiliki keunikan masing-masing.

Nah, yang dimaksud dengan 'mencerahkan wajah' bukan berarti mengubah warna kulit dari gelap menjadi terang. Tapi mencerahkan wajah yang sebelumnya terlihat kusam karena penumpukan debu, polusi, atau sel kulit mati.

Daftar Kandungan Skincare untuk Mencerahkan Wajah

Ilustrasi skincare untuk mencerahkan wajah. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi skincare untuk mencerahkan wajah. Foto: Shutter Stock

Dengan penggunaan produk skin care yang tepat, wajah bisa terlihat makin sehat dan glowing, terlepas apa pun skin tone-nya. Berikut ini daftar kandungan skincare yang bisa membantu mencerahkan wajah. Jangan lupa dicatat, Ladies!

1. Ferulic Acid

Ferulic acid mengandung antioksidan yang mampu menghilangkan hiperpigmentasi dan kulit kusam. Kelebihan lainnya adalah bisa membantu meningkatkan efektivitas produk skincare lain yang digunakan.

Bagi pemilik kulit sensitif, bahan ini bisa jadi pilihan karena formulanya cukup lembut. Dokter kecantikan dan dermatologi, Sylvia Ramirez dalam laman Vogue Singapore mengatakan, "Salah satu kelebihan bahan ini adalah lebih lembut daripada bahan pencerah kulit lainnya, dan kecil kemungkinannya menyebabkan iritasi."

2. Alpha Arbutin

Alpha Arbutin juga termasuk antioksidan alami yang bersumber dari tanaman seperti mulberry, beraberry, dan delima. Kemampuan utamanya adalah menghambat produksi melanin, zat yang memberikan warna pada kulit.

Dengan pemakaian teratur, masalah kulit seperti bintik-bintik penuaan dan bekas jerawat bisa hilang. Sifat bahannya pun lembut sehingga tidak berpotensi mengiritasi kulit.

3. Glycolic Acid

Glycolic acid merupakan salah satu eksfoliator yang lebih lembut dalam mengangkat sel kulit mati, sehingga cocok untuk kulit sensitif. Jika sel kulit mati terangkat, maka sel baru yang lebih sehat dan cerah akan muncul.

Meski eksfoliator ini cenderung lembut, tetap disarankan untuk menggunakannya sedikit demi sedikit. Misalnya, pakai 2 kali seminggu terlebih dahulu. Jika kulit sudah beradaptasi, kamu bisa meningkatkan intensitasnya.

4. Vitamin C

Ilustrasi menggunakan skincare vitamin c. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi menggunakan skincare vitamin c. Foto: Shutter Stock

Vitamin C sudah sangat terkenal sebagai bahan aktif yang dapat mencerahkan kulit. Cara kerjanya adalah dengan mencegah produksi pigmen di kulit yang menyebabkan hiperpigmentasi.

Bahan aktif ini juga membantu mencegah munculnya bintik hitam akibat paparan sinar matahari. Gunakan di pagi hari lalu timpa dengan sunscreen.

Hindari pemakaian vitamin C bersama skincare lain yang mengandung retinol atau bahan eksfoliasi. Pasalnya, hal ini dapat menyebabkan iritasi.

5. Niacinamide

Sama seperti vitamin C, niacinamide juga dapat mencegah produksi pigmen pada kulit. Bahan aktif yang diformulasikan dari vitamin B3 ini juga dapat mencegah munculnya bekas jerawat.

Mengutip Healthline, beberapa penelitian menunjukkan bahwa niacinamide dengan konsentrasi 5% dapat membantu mencerahkan bintik hitam. Manfaat ini kemungkinan besar akan terlihat dalam 4-8 minggu.

Baca Juga: 4 Skincare untuk Kulit Berminyak yang Tidak Menyumbat Pori-Pori

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url