4 Tips Skin Care Buat Calon Pengantin Sebelum Makeup Pernikahan

Halaman ini telah diakses: Views
Ilustrasi MUA mendandani pengantin. Foto: GBJSTOCK/Shutterstock
Ilustrasi MUA mendandani pengantin. Foto: GBJSTOCK/Shutterstock

Bagi para Ladies yang sedang merencanakan pernikahan, tentunya banyak hal yang harus disiapkan. Salah satunya adalah mempersiapkan kondisi kulit dengan skin care yang tepat sebelum rias pengantin.

Kulit yang sehat akan membantu makeup pengantin tampak lebih sempurna. Sebab, seluruh produk makeup, mulai dari foundation hingga highlighter, bisa menyatu dengan cantik di kulit. Karena bisa menempel dengan baik, makeup pun akan bisa tahan lama.

Kondisi kulit yang kurang prima sebelum makeup pengantin berisiko membuat riasan menjadi kurang optimal. Bisa saja, riasannya menjadi kurang tahan lama, kurang sempurna, atau rusak (crack) di sejumlah bagian wajah. Pada akhirnya, makeup pengantin yang kurang maksimal bisa merusak mood di hari bahagiamu.

Tips skin care calon pengantin sebelum hari-H

Ilustrasi skin care. Foto: Shutter Stock
Ilustrasi skin care. Foto: Shutter Stock

Lantas, bagaimana cara merawat kulit sebelum makeup pengantin? Jangan khawatir, Ladies. Professional makeup artist Olis Herawati punya jawabannya.

Bagi kamu yang aktif di platform TikTok, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan Mami Olis—begitu ia biasa disapa. Olis merupakan MUA dengan jumlah pengikut TikTok sebanyak 1,1 juta followers, yang kini menjadi juri utama di Wonderwear Professional Makeup Challenge (WPMC) 2024, kompetisi MUA oleh Ultima II.

Yuk, simak tips skin care buat calon pengantin yang sudah dijelaskan oleh Olis kepada kumparanWOMAN berikut ini.

1. Tetap memakai skin care

Ilustrasi perempuan memakai serum vitamin C. Foto: Prostock-studio/Shutterstock
Ilustrasi perempuan memakai serum vitamin C. Foto: Prostock-studio/Shutterstock

Banyak perempuan yang meyakini bahwa sebelum dirias di hari pernikahan, pengantin harus berhenti memakai skin care dalam jangka waktu panjang. Menurut Olis, hal ini justru tidak dianjurkan.

"Banyak makeup artist yang suruh stop (skin care) satu bulan sebelum hari-H. Kalau menurutku, jangan. Karena biasanya, selama satu bulan itu kita tidak tahu bagaimana kondisi kulit kita. Apakah kering, kusam, atau semakin timbul. Karena, menurut aku, kalau kita pikirannya banyak, timbul jerawat itu pasti ada," ucap Olis ketika diwawancarai kumparanWOMAN pada Selasa (18/6).

Oleh sebab itu, Olis menyarankan calon pengantin untuk tetap memakai skin care mereka sampai sebelum hari pernikahan. Ini bertujuan untuk memastikan kulitmu dalam kondisi sehat dan prima lewat perawatan kulit yang memadai.

"Menurut aku, untuk perawatan, masih tetap dilanjutkan. Stop perawatan dokter atau skin care itu tiga hari sebelum hari-H. Atau, kalau misalkan masih mau pakai skin care lagi sampai malam sebelum hari-H itu juga boleh," imbuh Olis.

2. Pakai serum dan masker

Olis mengatakan, mengaplikasikan serum dan masker sebelum hari pernikahan dapat memberikan manfaat baik untuk kulit. Olis pun mendorong para calon pengantin untuk mengaplikasikan masker dan serum yang melembapkan sebelum hari-H.

"Itu aku wajibkan, ya, karena setelah pakai masker, pada saat dikasih foundation, skin prep, itu semua akan lebih menempel di kulit. Masker juga bikin pori-pori kecil. Jadi, menurut aku, penting banget kalau pakai masker," jelas Olis.

3. Jangan pakai skin care di hari-H

Meskipun Olis sangat menganjurkan pakai skin care sebelum hari pernikahan, ia melarang calon pengantin untuk mengaplikasikan skin care di hari-H atau tepat sebelum dirias.

"Yang paling stop itu cukup di hari-H aja. Tidak boleh satu pun yang ada di dalam kulitnya. Karena pada saat dia pakai skin care, kita belum tahu apakah skin care itu nantinya akan bisa menyatu atau tidak dengan produk makeup punya kita (para makeup artist)," jelas Olis.

Nantinya, makeup artist akan mengaplikasikan skin care yang cocok untuk kulit calon pengantin dan bisa menyatu dengan produk makeup mereka.

4. Jangan pakai produk eksfoliasi

Ilustrasi Mengaplikasikan Serum Foto: Dok. Shutterstock
Ilustrasi Mengaplikasikan Serum Foto: Dok. Shutterstock

Dilansir Vogue, kamu disarankan untuk tidak pakai produk-produk eksfoliasi sebelum hari bahagiamu. Jauhkan kulitmu dari kandungan eksfoliator atau retinol sekitar seminggu sebelum hari-H.

Skin care dengan kandungan asam seperti Alpha Hydroxy Acid (AHA) atau retinol berisiko menyebabkan iritasi dan kulit kering. Kulit yang teriritasi berpotensi membuat makeup tampak kurang sempurna.

Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk berfokus pada produk skin care yang bisa menghidrasi dan menenangkan kulit, seperti toner, serum, essence, hingga moisturizer.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url