5 Fakta Met Gala 2024, Malam Fashion Tahunan Bergengsi yang Segera Digelar - juandry blog

kumparan - #kumparanAdalahJawaban
 
5 Fakta Met Gala 2024, Malam Fashion Tahunan Bergengsi yang Segera Digelar
May 5th 2024, 16:13, by Judith Aura, kumparanWOMAN

Rihanna di Met Gala di New York City, Amerika Serikat pada Senin (1/5/2023). Foto: Andrew Kelly/Reuters
Rihanna di Met Gala di New York City, Amerika Serikat pada Senin (1/5/2023). Foto: Andrew Kelly/Reuters

Acara tahunan yang paling ditunggu-tunggu para pencinta fashion segera tiba. Met Gala 2024 bakal digelar pada Senin (6/5) di The Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat. Malam fashion bergengsi akan dihadiri oleh ratusan tamu undangan dan selebriti yang dibalut dalam busana terbaik mereka.

Met Gala merupakan acara penggalangan dana yang digelar oleh Costume Institute The Metropolitan Museum of Art. Costume Institute adalah bagian dari The Met (nama pendek untuk The Metropolitan Museum of Art) yang berfokus pada pemeliharaan, studi, dan pameran busana-busana bersejarah. Dana yang dikumpulkan saat Met Gala ditujukan untuk Costume Institute The Met.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Met Gala 2024 akan hadir dengan tema dan dress code baru. Tema dan dress code tema hadir sebagai wujud apresiasi terhadap fashion dunia yang unik, beragam, dan historis.

Nah, seperti apa gelaran Met Gala tahun ini? Buat Ladies yang penasaran, simak fakta-fakta Met Gala 2024 yang telah kumparanWOMAN rangkum berikut ini.

1. Mengambil tema "Sleeping Beauties"

Tema Met Gala setiap tahunnya sama dengan tema pameran fashion yang diselenggarakan oleh Costume Institute The Met. Nah, di tahun ini, tema yang diusung adalah Sleeping Beauties: Reawakening Fashion.

Sekilas, nama tema tersebut mengingatkan kita pada konsep magical, penuh fantasi, dan bersinggungan dengan nama salah satu tokoh putri Disney. Namun, dilansir The Cut, sorotan dari tema pameran dan Met Gala ini adalah busana-busana historis yang sudah kuno, bahkan terlupakan.

Gaun dan busana karya desainer ternama dunia akan ditampilkan di pameran Sleeping Beauties: Reawakening Fashion. Rancangan archives (rancangan lama-red) karya desainer Elsa Schiaparelli, Yves Saint Laurent, Christian Dior, hingga Hubert de Givenchy bakal dihadirkan, bersamaan dengan karya-karya bergaya kontemporer oleh desainer seperti Stella McCartney dan Phillip Lim.

2. Menghadirkan dress code bernuansa taman bunga

Lili Reinhart di Met Gala 2021, di New York City, AS, Selasa (13/9).   Foto:  Angela Weiss/AFP
Lili Reinhart di Met Gala 2021, di New York City, AS, Selasa (13/9). Foto: Angela Weiss/AFP

Setiap tahunnya, Met Gala menciptakan dress code untuk menghormati tema pameran dan gala. Para desainer dan tamu undangan yang hadir pun diharapkan untuk tampil sesuai dengan interpretasi dress code mereka masing-masing. Di Met Gala 2024, dress code-nya adalah The Garden in Time.

Dress code ini terinspirasi dari cerita pendek berjudul sama, The Garden in Time, karya J.G Ballard yang terbit pada 1962. Dilansir Time, cerpen tersebut menceritakan kisah distopia dengan sentuhan romantis yang berkaitan dengan keindahan dan perjalanan waktu.

Vogue memprediksi, gaun dan busana di perhelatan ini akan sarat dengan elemen bunga dan taman, sesuai dengan judul dress code. Selain itu, Time memprediksi bahwa elemen abstrak dari waktu juga akan ditampilkan dalam busana-busana para tamu.

3. Hadirkan empat selebriti ternama sebagai ketua bersama

Zendaya di Met Gala 2018. Foto: Instagram/@zendaya
Zendaya di Met Gala 2018. Foto: Instagram/@zendaya

Perhelatan Met Gala diketuai oleh pemimpin redaksi Vogue, Anna Wintour, sejak tiga dekade lalu hingga sekarang. Nah, setiap tahun, Anna Wintour selalu menunjuk sejumlah selebriti untuk menjadi ketua bersama (co-chairs). Peran para co-chairs ini adalah menjadi tuan rumah Met Gala, sembari mempublikasikan gelaran ini dan menjadi representatif.

Di 2024, Anna Wintour menunjuk empat selebriti ternama untuk mendampinginya. Mereka adalah Zendaya, Jennifer Lopez, Chris Hemsworth, dan Bad Bunny. Selain itu, dilansir Vogue, Anna Wintour juga menunjuk Direktur Kreatif Loewe, Jonathan Anderson, dan CEO TikTok, Shou Zi Chew, sebagai co-chair kehormatan.

4. Rihanna hingga Kendall Jenner diprediksi akan hadir

Kendall Jenner di Met Gala 2021, di New York City, AS, Selasa (13/9). Foto: Mario Anzuoni/REUTERS
Kendall Jenner di Met Gala 2021, di New York City, AS, Selasa (13/9). Foto: Mario Anzuoni/REUTERS

Tamu undangan Met Gala selalu dipilih secara langsung oleh Anna Wintour. Daftar selebriti dan nama besar yang bisa menghadiri malam fashion bergengsi ini tentunya sangat rahasia. Namun, dengan melihat popularitas dan kesuksesan di Met Gala sebelumnya, ada sejumlah selebriti yang diprediksi akan memamerkan pesonanya di karpet merah.

Dikutip dari Independent, Rihanna, Kendall Jenner, Gisele Bundchen, Lily Gladstone, Uma Thurman, Cara Delevingne, dan Olivia Rodrigo dikabarkan akan hadir di Met Gala 2024. Rihanna adalah salah satu selebriti ternama yang penampilannya tak pernah mengecewakan. Dalam beberapa tahun terakhir, gaun-gaun Rihanna hampir selalu menjadi pusat perhatian.

Sementara itu, Taylor Swift diprediksi tidak akan hadir di Gala tahun ini. Dikutip dari Elle, Taylor dan kekasihnya, atlet futbol Travis Kelce, mendapatkan undangan untuk hadir. Namun, People melaporkan bahwa Taylor tidak akan hadir karena tengah berfokus untuk konser The Eras Tour.

5. Tamu undangan harus bayar miliaran rupiah

Sosialita AS Kim Kardashian tiba untuk Met Gala 2023 di Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat pada Senin (1/5/2023).  Foto: Angela Weiss/AFP
Sosialita AS Kim Kardashian tiba untuk Met Gala 2023 di Metropolitan Museum of Art, New York, Amerika Serikat pada Senin (1/5/2023). Foto: Angela Weiss/AFP

Dilansir Time, biaya yang dikeluarkan para tamu undangan Met Gala 2024 kabarnya meningkat dibandingkan tahun lalu.

Tahun ini, mereka merogoh kocek sebesar USD 75 ribu atau setara dengan Rp 1,1 miliar per orang untuk memperoleh tiket Met Gala. Menurut People, biaya ini dikeluarkan untuk menggalang dana yang ditujukan kepada Costume Institute The Met.

Selain itu, desainer atau brand juga bisa membayar tiket untuk satu meja seharga USD 350 ribu (Rp 5,5 miliar). Namun, mereka tidak bisa menentukan siapa yang bisa duduk di meja tersebut. Anna Wintour harus menyetujui susunan tempat duduk bagi para tamu.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com. By using Blogtrottr, you agree to our policies, terms and conditions.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url