Uniknya Shazdeh Garden, Kebun Bersejarah Iran yang Dibangun Akhir Abad ke-19

Shazdeh Garden, taman unik di tengah gurun yang ada di Iran Foto: Dok odditycentral.com
Shazdeh Garden, taman unik di tengah gurun yang ada di Iran Foto: Dok odditycentral.com

Apa yang terlintas di benak traveler saat mendengar gurun? Tempat yang berpasir, gersang, mungkin panas, bukan? Ya, kamu mungkin akan berpikir dua kali untuk berkunjung ke sana.

Namun, tak melulu pasir saja, di gurun ini ternyata kamu bisa menemukan sebuah kebun yang hijau dan tumbuh dengan suburnya.

Dilansir OddityCentral, pemandangan unik itu bisa kamu temukan di Iran tepatnya di Shazdeh Garden atau yang juga dikenal dengan Prince's Garden. Ajaib tapi nyata, kebun yang penuh dengan tanaman hijau dan air mancur ini ternyata terletak di tengah-tengah gurun yang gersang.

Terletak 6 kilometer (km) dari kota Mahan, di Provinsi Kerman, Shazdeh Garden adalah taman bersejarah Persia yang dibangun oleh Dinasti Qajar, pada akhir abad ke-19.

Kompleks persegi panjang ini dikelilingi oleh dinding batu yang melindungi surga hijau di dalamnya dari gurun keras yang mengelilinginya.

Dilihat dari udara, Shazdeh GArden tampak seperti oase ramah di tengah laut yang gersang, dan foto-foto seperti di bawah ini yang menarik ribuan orang ke tempat ini setiap tahunnya. Ini menampilkan lima air mancur mengesankan yang disuplai melalui teknik Qanat yang mengangkut air dari sumur melalui saluran air bawah tanah.

Warisan Dunia UNESCO

Diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2011, Shazdeh Garden adalah salah satu destinasi terpopuler bagi pengunjung dari seluruh dunia.

Kebun seluas 5,5 hektare ini terdiri dari tanaman hijau subur, air mancur dan kolam yang menawan, serta arsitektur yang memukau. Ia digambarkan sebagai berlian yang bersinar di tengah gurun.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url