Tokopedia Optimistis Penjualan Melonjak Usai Integrasi dengan TikTok

Kerjasama TikTok dan Tokopedia menciptakan layanan belanja Shop I Tokopedia. Foto: kumparan
Kerjasama TikTok dan Tokopedia menciptakan layanan belanja Shop I Tokopedia. Foto: kumparan

PT Tokopedia optimistis penjualan akan melonjak usai proses integrasi sistem dengan TikTok Shop pasca merger. Progres integrasi itu telah rampung sejak 27 Maret 2024.

"Kelihatannya sih kalau dari tadi naik semua ya. (Kalau gabung Tokopedia TikTok) iya trennya sih tadi naik semua. Contoh di Ramadan dan Lebaran semuanya naik sih," ujar E-Commerce Communications Director Shop | Tokopedia Nuraini Razak usai Media Gathering Halalbihalal di Senayan Park, Jakarta, Kamis (25/4).

Momen Ramadan dan Lebaran tahun 2024 menghadirkan peluang bisnis online bagi para pelaku usaha di Indonesia, termasuk para pelaku usaha tergabung di Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia.

Shop | Tokopedia mencatat penjualan rata-rata pelaku usaha yang mengikuti kampanye Ramadan Ekstra Seru naik lebih dari 3 kali lipat dibandingkan rata-rata mingguan pada Februari 2024.

"Tokopedia mendukung 100 persen UMKM brand lokal, dari tren tahun ke tahun minat belanja masyarakat selama Ramadan meningkat," kata Nuraini.

Beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024 di pulau Sumatra dan Jawa adalah Groceries, Rumah Tangga dan Fashion.

Sedangkan pada Shop | Tokopedia dalam aplikasi TikTok, produk Fashion Muslim Perempuan, Skincare dan Makanan Ringan adalah beberapa kategori produk yang paling diburu masyarakat pada periode yang sama.

Ilustrasi Tokopedia.   Foto: Tokopedia
Ilustrasi Tokopedia. Foto: Tokopedia

Penjualan Sederet Brand Lokal Naik hingga 9 Kali Lipat

Terdapat peningkatan transaksi sejumlah brand lokal dari berbagai kategori di Tokopedia yang mengikuti kampanye Beli Lokal, dengan rata-rata kenaikan 9 kali lipat khususnya sepanjang bulan Ramadan tahun 2024 jika dibandingkan bulan Ramadan tahun 2023 lalu.

Di Shop | Tokopedia pada aplikasi TikTok, tercatat juga bahwa volume pesanan yang terjadi di kampanye Beli Lokal di Shop | Tokopedia meningkat 2,5 kali lipat pada Februari 2024 jika dibandingkan rata-rata volume pesanan pada September 2023.

"Selama mengikuti kampanye Ramadan Ekstra Seru, penjualan kami meningkat hingga 3 kali lipat. Bahkan penjualan daging rendang melonjak hingga 10 kali lipat selama Ramadan dibandingkan hari biasa," ujar Pemilik Usaha Hijrahfood Meatshop, Akram Amrullah Rajab.

Momen pandemi Covid-19 pada 2020 lalu mendorong Hijrahfood Meatshop untuk memasuki pasar konsumen rumah tangga demi membantu memenuhi permintaan masyarakat akan daging kemasan, termasuk sliced beef, seafood dan produk olahan daging lainnya.

"Saya memulai berjualan daging kemasan rumah tangga melalui kerja sama dengan beberapa supplier lokal dari Pulau Jawa. Hijrahfood Meatshop telah berhasil membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Sampai saat ini, kami telah menggandeng ratusan orang untuk menjadi karyawan di Hijrahfood Meatshop," kata Akram.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url